Beranda Cuaca Wilayah Pandeglang Selatan Dihujani Abu Vulkanik Gunung Anak Krakatau

Wilayah Pandeglang Selatan Dihujani Abu Vulkanik Gunung Anak Krakatau

1369

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Sejumlah kecamatan yang berada di Pandeglang Selatan, dihujani abu vulkanik dari Gunung Anak Krakatau yang sedang mengalami erupsi.

Dari laporan yang diterima BCO Media, hujan abu vulkanik terjadi di Labuan, Carita, Panimbang, Cigeulis, dan Sumur. Abu vulkanik berupa butiran halus berwarna hitam ini mulai turun pada Minggu siang 24 April 2022.

Paparan abu vulkanik ini juga tampak mengotori setiap tanaman atau tumbuhan yang berada di sekitar lokasi permukiman penduduk.

Menurut Johani, warga Kecamatan Cigeulis mengatakan, abu hitam tersebut mengotori setiap lantai rumah warga hingga sejumlah kendaraan yang terparkir. “Saat ini sedang terjadi hujan abu vulkanik dari Gunung Anak Krakatau,” kata Johani, kepada BCO Media.

Sementara itu, Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau Deni Mardiono mengatakan, Gunung Anak Krakatau masih terpantau mengalami erupsi. Kata Deni, angin saat ini mengarah ke arah timur. “Ya GAK masih erupsi menerus, arah angin saat ke timur,” kata Deni Mardiono, Kepala Pos Pemantau Gunung Anak Krakatau.

Ia mengimbau, bagi masyarakat yang berkativitas di luar rumah untuk selalu memakai masker untuk menghindari paparan abu vulkanik Gunung Anak Krakatau.”Apabila keluar rumah selalu pakai masker untuk menghindari paparan abu vulkanik, tetap patuhi rekomendasi dari badan geologi bahwa masyarakat atau wisatan tidak diperbolehkan mendekati kawah GAK dalam radius 2 kilometer dari kawahnya,” pungkasnya. []