Beranda Humaniora Begini Cara Anak-anak di Kecamatan Cipeucang Perdalam Ilmu Agama Saat Ramadhan 

Begini Cara Anak-anak di Kecamatan Cipeucang Perdalam Ilmu Agama Saat Ramadhan 

362

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Dalam mengisi kegiatan di bulan puasa yang sudah memasuki hari ke 13 ramadhan 1443 Hijriah ini, anak-anak di Kampung Tari Kolot, Desa Kalang Gunung, Kecamatan Cipeucang, Kabupaten Pandeglang, mengikuti program pesantren kilat yang di gagas oleh para guru setempat. Tujuannya tidak lain adalah untuk memperdalam ilmu agama selama bulan suci ramadhan.

Puluhan anak-anak yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak dan sekolah dasar ini tampak antusias mengikuti pesantren kilat yang dilaksanakan di daerah pegunungan di sebuah villa itu.

“Pesantren kilat ini digagas oleh pemilik villa disini yang mengajak membuat pesantren kilat, karena ia ingin anak-anak disini belajar agama di bulan ramadhan,” kata Enok Khoirul Nisa, Guru Pebimbing, Sabtu 16 Maret 2022.

Pelaksanaan pesantren kilat ini rutin dilakukan setiap memasuki bulan suci ramadhan, dimana dijadikan sebagai momen dalam membentuk karakter dan keimanan serta ketaqwaan para anak di wilayah tersebut agar semakin baik. “Kegiatannya berlangsung setiap hari Senin-Jumat, ya ini juga bentuk keprihatinan kita terhadap anak di wilayah sini, yang setiap hari hanya sibuk bermain,” terangnya.

Pesantren kilat ini juga diharapkan dapat menjadi nilai tambah bagi anak-anak dalam menjalankan ibadah puasanya. Adapun untuk ilmu yang diberikan, yakni praktek sholat, praktek wudhu, membaca Ayat Al-Quran, dan seni marawis.

Pesantren kilat ini juga disambut baik oleh orang tua peserta, menurut Juaenah, kegiatan yang berlangsung pada pukul 15.00 hingga 17.30 ini sangat positif dibandingkan dengan anak bermain di luar rumah. “Alhamdulillah anak saya disini belajar tatacara sholat, baca ayat Al-Quran, kalau dirumah susah pengennya keluyuran, main handphone aja. Jadi alhamdulillah ada kegiatan yang positif disini,” jelasnya. []