Beranda Kuliner Digempur Makanan Modern, Kudapan Tradisional Asal Menes Masih Tetap Digemari

Digempur Makanan Modern, Kudapan Tradisional Asal Menes Masih Tetap Digemari

1152

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Kudapan tradisional asal Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, yang terbuat dari singkong atau yang biasa disebut kue balok masih tetap eksis ditengah maraknya gempuran olahan makanan modern yang mengikuti selera perkembangan zaman.

Meskipun proses pembuatannya sederhana, namun citra rasa dari makanan ini semakin digemari banyak orang. Pasalnya, ada yang unik dari proses pembuatan kue tersebut yakni dibungkus menggunakan daun pisang dan daun pinang sebagai tempat cetakannya. Meskipun banyak disukai warga, makanan ini dapat ditemui dengan mudah di sekitar Kecamatan Menes dengan harga yang pas di kantong.

Salah seorang penjual kue balok menes, Udin Jaenudin mengatakan, kudapan ini merupakan salah satu makanan tradisional yang sudah turun temurun dinikmati dari berbagai generasi. Udin sendiri merupakan generasi ketiga yang hingga saat ini masih memproduksi kue balok menes dan melestarikan makanan tradisional.

Setiap harinya Udin mampu menghabiskan singkong jenis roti sebanyak 50 kilogram dengan omzet hingga Rp1 juta rupiah. “Selain yang membeli langsung ke rumah, banyak juga yang memesan, ya untuk singkong sekitar 50 kilogram sehari,” terangnya.

Ia berharap, kue balok Menes ini dapat menjadi ikon kuliner Kabupaten Pandeglang sehingga banyak pengrajin kue balok yang turut melestarikan makanan tradisional ini. “Kenapa saya masih bertahan sampai tiga generasi, karena saya ingin tetap mempopulerkan balok Menes ini agar tidak hilang dimakan zaman,” imbuhnya.

Kue balok ini biasanya disantap sebagai cemilan di waktu santai teman minum the atau air jahe, dan menjadi makanan untuk berbuka puasa saat bulan ramadhan. []