Beranda Humaniora Pasca Diguncang Gempa, Warga Sumur Mengungsi

Pasca Diguncang Gempa, Warga Sumur Mengungsi

636

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Gempa bumi di wilayah Sumur, Kabupaten Pandeglang, membuat warga di wilayah pesisir ini memilih mengungsi meninggalkan kediaman ke wilayah dataran tinggi.

Pantauan BCO Media di lokasi pada Jum’at malam 14 Januari 2022, Pasar Sumur dan sejumlah lokasi penyebrangan wisata tampak sepi dari aktivitas masyarakat. Terpantau, sejumlah warga laki-laki tetap berada di kediamannya masing-masing untuk menjaga harta bendanya.

Surya, salah seorang warga mengatakan, warga di kawasan ini memilih mengungsi lantaran trauma dengan peristiwa tsunami beberapa tahun lalu. Oleh sebab itu, warga memilih menyelamatkan diri sambil menunggu keadaan kembali normal. “Lebih banyak yang ngungsi ketimbang yang disini, macem-macem ngungsinya. Tapi kebanyakan ke dataran tinggi,” kata Surya, kepada BCO Media.

Meskipun begitu, untuk di wilayah ini Surya belum mendapatkan informasi adanya rumah rusak akibat gempa bumi. “Kalau disini mah alhamdulillah belum ada kabar rumah rusak, tapi kalau di Tamanjaya, atau daerah lain ada katanya,” ujarnya.

Ia menyampaikan, warga juga banyak yang masih melakukan aktivitasnya seperti pergi melaut ataupun aktivitas niaganya. “Nelayan ada juga yang melaut,” imbuhnya.

Sebelumnya, gempa bumi magnitudo 6,6 mengguncang wilayah Banten hingga Jakarta. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo M6,6. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 7,21° LS ; 105,05° BT , atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 132 km arah Barat Daya Kota Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, Banten pada kedalaman 40 km. []