Beranda Wisata Objek Wisata di Pandeglang Sepi Saat Libur Natal

Objek Wisata di Pandeglang Sepi Saat Libur Natal

153

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Sejumlah objek wisata di Kabupaten Pandeglang, pada libur panjang natal 2021 terpantau sepidari aktivitas para pengunjung. Alhasil sejumlah pengelola objek wisata dan tempat penginapan pun mengeluh bahkan merugi dampak dari sepinya pengunjung ini.

Ruki, salah seorang pengelola pantai di Kawasan Carita mengatakan, momentum libur natal saat ini kondisi kunjungan wisatawan berkurang jika dibandingkan musim libur sebelumnya. “Tahun ini sangat sepi, beda sekali dengan tahun sebelumnya yang meskipun masih pandemi, tapi alhamdulillah tahun kemarin ramai,” kata Ruki, Pengelola Pantai Pasir Putih Carita, Sabtu 25 Desember 2021.

Minimnya pengunjung yang datang ke lokasi wisata diperkirakan akibat cuaca buruk, maupun aturan ganjil genap yang diberlakukan. Kondisi tersebut membuat para pengelola wisata maupun hotel di kawasan pantai carita mengeluh, karena minimnya pendapatan. “Kalau dibilang mengeluh ya mengeluh, tapi mau gimana lagi. Sepinya mungkin karena cuaca buruk dan adanya ganjil genap di Cilegon,” terangnya.

Ruki menuturkan, meskipun pengunjung sepi tapi pihak pengelola selalu menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Ia juga berharap libur tahun baru 2022 yang akan datang para pengunjung bisa memadati wisata pantai Carita. “Prokes kita perketat, sekarang juga wajib scan peduli lindungi itu sangat wajib,” harapnya.

Selain pengelola wisata pantai, Tarli, pengelola penginapan Coconut Island pun mengeluhkan sepinya pengunjung di libur natal tahun 2021 ini. Kata Tarli, biasanya pada libur natal sebelumnya, tempat penginapan di Coconut Island penuh, namun saat ini hanya terisi 40 persen saja dari jumlah keseluruhan yang ada. “Sepi ini diakibatkan karena cuaca, pengunjung terutama yang menginap baru 19 room atau hanya 40 persen jauh berbeda dengan tahun sebelumnya. Kalau tahun lalu dalam libur natal ini nyampe 100 persen untuk cottage terisi,” katanya.

Tarli menyebutkan, untuk libur tahun baru 2022 mendatang penginapan yang ada di Coconut Island baru dipesan sebanyak 9 cottage. Biasanya, seminggu jelang tahun baru cottage yang ada tempat ini sudah penuh terisi oleh para wisatawan. “Biasanya jauh jauh hari untuk libur tahun baru sudah full. Penurunan ini sangat drastis, sebagai management kita mau gimana lagi, kalau dibilang mengeluh ya mengeluh, dan omset juga sudah jelas menurut karena omset disini tergantung pengunjung,” pungkasnya. []