Beranda Wisata Resmikan Kampung Wisata di Cikeusik, Menparekraf: Dapat Membuka Lapangan Kerja

Resmikan Kampung Wisata di Cikeusik, Menparekraf: Dapat Membuka Lapangan Kerja

340

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandi Uno kembali melanjutkan perjalanan di Banten, usai melakukan pembukaan salah satu restoran di Kota Cilegon. Kali ini yang menjadi tujuan dan diresmikan operasinya oleh Sandi adalah Kampung Wisata Agrinex, di Desa/Kecamatan Cikeusik, Kabupaten Pandeglang.

Dengan luas tanah 27 hektare, Kampung Agrinex ini menghadirkan konsep kebun hortikultural serta agrowisata. Berbagai jenis buah ditanami, antara lain lengkeng, jeruk, durian, mangga, alpukat, serta madu hutan.

Dalam kesempatan itu, Sandiaga mengatakan akan fokus untuk mengembangkan Kampung Agrinex, karena dapat membuka lapangan pekerjaan dan dapat menghadirkan pangan dengan harga terjangkau. “Saya mendukung Agrinex karena dapat membuka lapangan kerja dan dapat menghadirkan pangan dengan harga terjangkau dengan bibit dan juga produk pangan yang ada disini,” kata Sandi Uno, Menparekraf RI, Rabu 22 Desember 2021.

Sandi menyebutkan, konsep Kampung Agrinex ini bukan hanya pertama kali, tapi sudah diterapkan diberbagai negara, di antaranya Jepang dan Korea. Selain itu, hak ini juga untuk mendukung program ekonomi yang telah terbukti sebelumnya.

Ia menyakini dengan adanya ekonomi digital dan kreatif dapat meningkatkan perekonomian masyarakat Cikeusik khususnya Kabupaten Pandeglang. “Ide ini sudah terbukti sebelumnya, karena mendukung program ekonomi. Jadi konsep ini bukan pertama kali ada di Cikeusik, tapi ada di Jepang dan Korea,” terangnya.

Ia berharap Kampung Agrinex dapat mengikuti program destinasi wisata yang diselenggarakan oleh Menparekraf Republik Indonesia yang akan datang. “Ini tantangan buat kita sebagai bagian pembangunan Indonesia, untuk bertindak dengan tegas, tegas dalam arti berpihak kepada rakyat,” pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita juga optimistis pengembangan pariwisata dan ekonomi di wilayahnya akan semakin bergeliat setelah banyak dibantu oleh program-program pemerintah pusat.

Ia pun memastikan akan ikut mendorong pengembangan desa-desa wisata supaya mampu menghidupkan lapangan kerja baru bagi masyarakat. “Mas Menteri sudah empat kali berkunjung ke Pandeglang, saya yakin ini akan menambah kemajuan bagi Kabupaten Pandeglang. Kita pastikan akan mendorong semua desa wisata bisa hidup meskipun dalam kondisi pandemi seperti Kampung Agrinex di Kecamatan Cikeusik ini,” katanya. []