Beranda Hukum dan Kriminal Modus Penipuan Lewat Akun WhatsApp Catut Nama Ketua DPRD Pandeglang

Modus Penipuan Lewat Akun WhatsApp Catut Nama Ketua DPRD Pandeglang

165

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Nama dan foto Ketua DPRD Kabupaten Pandeglang, TB Udi Juhdi dibajak oleh pihak yang tidak bertanggungjawab untuk menipu masyarakat melalui aplikasi media sosial WhatsApp (WA). Laporan informasi tersebut disampaikan langsung Politisi Partai Gerindra kepada masyarakat melalui akun Instagram miliknya dengan nama @tb.udijuhdi, pada Kamis 16 Desember 2021.

Dalam postingan itu, Ketua DPRD Pandeglang memposting pesan WhatsApp pelaku dan calon korban, dan memastikan bahwa nomor tersebut bukan miliknya. “Jika ada yang dichat menggunakan No WA : 081320580193 mengatasnamakan saya selaku Ketua DPRD Pandeglang dan juga menggunakan foto saya di profilnya, harap waspada. Itu tindakan penipuan yang dilakukan orang tak bertanggungjawab,” tulis Udi, dalam instragramnya.

Saat dikonfirmasi, TB Udi Juhdi mengatakan, kaitan dengan adanya nomor yang mengatasnamakan ketua DPRD Kabupaten Pandeglang, ia menghimbau kepada masyarakat agar berhati-hati bahwa nomor tersebut bukan nomor WhatsApp yang ia gunakan.

Menurutnya, hal tersebut adalah sebuah modus untuk penipuan terhadap korban-korban yang akan pelaku kelabui, ia juga berharap agar  masyarakat tidak mudah terpancing dan tidak mudah percaya dengan hal tersebut. “Ini adalah modus pelaku untuk menipu masyarakat, dan saya sampaikan bahwa nomor saya masih yang lama,” kata Udi.

Ia menuturkan, bahwasanya ia mendapatkan informasi tersebut dari dua orang temannya yang hendak dijadikan calon korban, yaitu Yosep, warga Kecamatan Panimbang dan Badru, warga Kecamatan Jiput. “Informasi ini dari teman saya, Alhamdulillah mereka belum terjerumus dengan modus tersebut, baru di iming-iming saja,” terangnya.

Dari informasi yang ia dapatkan dari rekannya, pertama yang bersangkutan yaitu pelaku mengaku Ketua DPRD Pandeglang, berlanjut menanyakan kabar, hingga berujung pelaku menawarkan kepada calon korban yaitu rekrutmen PNS dengan meminta uang sebesar 20 juta. “Dari pesan WhatsApp rekan saya dan pelaku, pelaku menawarkan rekrutmen PNS, dan siap dibantu untuk menjadi PNS, setalah itu baru Yosep menginformasikan kepada saya hal ini,” jelas Udi.

Dengan adanya hal tersebut, TB Udi Juhdi mengingatkan kembali apabila masyarakat menerima tawaran yang sama baik dari nomor tersebut ataupun nomor lainnya yang mengatasnamakan Ia sebagai Ketua DPRD Pandeglang, agar segera konfirmasi kepada nomor resminya atau kepada rekan rekannya. “Secara lisan lewat pesan WhatsApp sudah saya sampaikan kepada Intel polres, dan Intel polres sudah mendalami hal ini. Sekali lagi saya menghimbau jika ada nomor yang mengatasnamakan saya segera informasikan kepada saya,” pungkasnya. []