Beranda Humaniora Warga Sidamukti Mulai Bersihkan Rumah Pasca Banjir Rob

Warga Sidamukti Mulai Bersihkan Rumah Pasca Banjir Rob

217

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Pasca banjir rob yang terjadi pada senin malam, di Desa Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, warga tampak mulai kembali ke rumahnya masing-masing untuk membersihkan rumah dari lumpur dan puing-puing sisa banjir setelah mengungsi.

Pantauan BCO Media di lokasi Selasa 07 Desember 2021, aktivitas bersih-berish itu dilakukan warga menggunakan alat rumah tangga sederhana. Diketahui, air laut yang masuk ke permukiman ini merendam alat-alat rumah tangga seperti pakaian, hingga tempat tidur.

“Alhamdulillah sekarang sudah surut, lumpur semua masuk, tempat tidur pada basah,” kata Saniroh, salah seorang warga setempat.

Saniroh menuturkan, saat kejadian ia beserta warga lainnya langsung menyelamatkan diri dan mengungsi ke kantor desa dan fasilitas ibadah. Setelah banjir surut, ia pun langsung pulang dari pengungsian untuk membersihkan rumahnya. Meskipun sudah dibersihkan, Saniroh mengatakan ia akan tetap mengungsi, karena cuaca buruk masih melanda.

“Kejadiannya cepet banget, kita langsung ke tempat pengungsian di kantor desa dan masjid. Walupun sekarang sudah bersih tapi kita tetap mengungsi karena tempat tidur semua basah dan cuaca juga masih ekstrim,” terangnya.

Saat ini, warga pun berharap adanya tenda pengungsian disertai dapur umum. Tidak hanya itu, saat ini warga pun masih menunggu bantuan logistik, pakaian, selimut, serta susu bayi. Hal itu dikarenakan, warga yang mayoritas nelayan itu sudah tidak dapat mencari nafkah karena cuaca buruk. “Semoga ada tenda pengungsian, dan logistik juga, tidak hanya itu kebutuhan bayi juga harus ada karena banyak bayi disini,” harapnya. []