Beranda Peristiwa Permukiman Terendam Banjir Rob, 1064 Warga di Sidamukti Mengungsi 

Permukiman Terendam Banjir Rob, 1064 Warga di Sidamukti Mengungsi 

861

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Akibat cuaca buruk yang melanda wilayah perairan di Kabupaten Pandeglang mengakibatkan air laut naik ke pemukiman warga sehingga menyebabkan banjir, sebanyak 1064 jiwa di Desa Sidamukti, Kecamatan Sukaresmi pun harus mengungsi di kantor desa dan masjid setempat, Senin malam 06 Desember 2021.

 

Pantauan di lokasi, ratusan warga pun berbondong-bondong menuju tempat yang lebih aman, karena khawatir air laut semakin tinggi merendam pemukiman warga.

 

Dede Widarso, salah seorang warga mengatakan, air laut yang naik ke pemukiman warga Desa Sidamukti, merupakan banjir rob akibat dari cuaca ekstrem berupa hujan disertai angin kencang yang melanda perairan Kabupaten Pandeglang. “Banjir ini banjir rob dari laut langsung, akibat cuaca buruk, hujan yang disertai angin kencang,” kata Dede.

Kejadian tersebut belangsung pada senin malam, sekirat pukul 20.00 wib. Atas kejadian tersebut warga pun berbondong-bondong untuk mencari tempat yang lebih aman, karena mengingat warga masih trauma dengan Tsunami 2019 lalu. “Pas kejadian pada panik, karena kita punya masa lalu yang kelam yaitu tsunami pada tahun 2019, jadi air naik langsung panik,” terangnya.

 

Sementara itu, Ketua Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyana mencatat, sebanyak 1064 jiwa dari jumlah 266 kepala keluarga mengungsi di berbagai tempat. “Untuk jumlah ada 1064 jiwa, itu di Desa Sidamukti. Untuk pengungsian kita tempatkan di mesjid, kantor desa, dan mushola,” jelasnya.

 

Saat ini, cuaca buruk pun masih berlangsung dengan intensitas hujan yang sedang disertai angin kencang. Sementara itu, warga pun membuat dapur umum seadanya, dan berharap bantuan logistik dari pemerintah segera tiba. “Cuaca masih buruk yah, kami himbau agar masyarakat tetap waspada. Dan saat ini yang dibutuhkan warga adalah logistik, dan susu untuk bayi, karna itu banyak anak bayi juga,” pungkasnya. []