Beranda Politik Jalan Penghubung Desa Dipasang Pondasi, Kades Cigeulis: Mungkin Ada Hubungan Dengan Pilkades

Jalan Penghubung Desa Dipasang Pondasi, Kades Cigeulis: Mungkin Ada Hubungan Dengan Pilkades

733

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Pemasangan pondasi rumah di jalan penghubung antar desa di Kecamatan Cigeulis, membuat kepala desa setempat angkat icara atas persoalan tersebut. Kepala Desa Cigeulis Anto Wiryo mengaku bingung dengan pondasi yang dipasang setelah Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) pada Oktober 2021 lalu. Ia pun menduga hal tersebut dilakukan oleh lawan politiknya yang kalah pada Pilkades lalu.

Menurut Anto, pondasi ini dipasang oleh salah seorang kerabat calon kepala desa usai Pilkades digelar. “Mungkin ada hubungan dengan Pilkades, mungkin mendukung salah satu calon, mungkin saudaranya ya saat Pilkades lawan saya. Saudaranya kan nomor 5, ya mungkin yah saya juga tidak tahu,” kata Anto Wiryo, Kepala Desa Cigeulis, Jum’at 02 Desember 2021.

Dari informasi yang ia dapat, lanjut Anto, bahwa saat itu ada pembebasan jalan dan jalan ini sudah dibeli. Namun Anto mempertanyakan soal pembayaran tersebut, karena menurutnya jika sudah dibeli mengapa tanah yang ada dibahu jalan raya tidak masuk dalam kepemilikan.

Selain itu, Anto menambahkan, jika ingin dibuat rumah mengapa tidak dari dulu. Ia pun menyebut hal tersebut merupakan sabotase. “Tapi kenapa yang dibayar cuma belakangnya, tapi depan yang dekat dengan jalan raya tidak dibayar kan tidak masuk akal, dimana-mana juga yang dibayar tanah depan dulu, dan kenapa bukan dari dulu kalau mau aksi seperti ini, ini namanya sabotase,” tegasnya.

 

Ia menuturkan, jalan tersebut sudah digunakan oleh masyarakat yang mayoritas petani selama puluhan tahun untuk menunjang aktivitas masyarakat serta penghubung antar desa. “Semenjak saya menjadi Kepala Desa pada tahun 2008 jalan ini sudah ada, bahkan saya sudah membangun jalan ini bukan sekali dua kali. Inikan jalan umum, penduduk bukan sedikit, ada 40 KK dalam satu kampung, dan penghubung Desa Tarumanagara dan Desa Citeureup.Jalan ini sudah puluhan tahun, bahkan kades terdahulu juga membangun jalan ini,” tuturnya.

 

Masih kata Kades Cigeulis, pihak desa akan berusaha mengembalikan akses jalan yang menyambungkan tiga desa tersebut agar masyarakat dapat melintasi kembali jalan ini serta memulihkan perekonomian masyarakat. “Maunya saya jalan ini seperti biasa, karena ini sangat menghambat perekonomian masyarakat apalagi masyarakat disini petani, mereka menjual seperti pisang, kelapa, daun-daunan, kalau jalan ini ditutup yang ada menghancurkan masyarakat. Pokoknya bagaimana pun harus dibongkar kembali,” pungkasnya. []