Beranda Peristiwa Belasan Rumah di Pandeglang Rusak Akibat Pergerakan Tanah

Belasan Rumah di Pandeglang Rusak Akibat Pergerakan Tanah

568

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Sebanyak 12 rumah milik warga di Kampung Kadu Embe, Desa Parigi, Kecamatan Saketi, Kabupaten Pandeglang, rusak akibat pergerakan tanah. 12 rumah itu mengalami kerusakan mulai dari rusak ringan hingga rusak parah. Informasi yang dihimpun di lokasi, belasan rumah rusak ini terjadi saat intensitas curah hujan tinggi mengguyur wilayah tersebut.

Aminah warga setempat mengatakan, kejadian tersebut berlangsung pada Senin 22 November 2021 lalu dan terus terjadi hingga saat ini. Untungnya pada saat kejadian berlangsung, ia bersama anaknya sedang melakukan aktivitas di luar rumah. Ia pun terpaksa harus tinggal sementara di rumah orang tuanya. “Kejadiannya dari siang sampai malam itu waktu Senin 22 November 2021, tapi sampai sekarang juga pergerakan tanah masih berlangsung, karena beberapa rumah warga tadi pagi ada yang ambruk lagi dapurnya,” kata Aminah, ditemui wartawa, Selasa 30 November 2021.

Ia pun mengaku tidak akan kembali menempati rumah yang sudah belasan tahun ditempatinya itu. Namun ia berharap adanya bantuan dari pemerintah untuk membangun kembali rumah di lokasi berbeda. “Sekarang tinggal di rumah orang tua, ya tidak akan saya tempati lagi, karena bakalan bergeser lagi tanahnya. Ya semoga pemerintah bisa membantu membangun rumah lagi,” imbuhnya.

Sementara itu, Arif Ketua RT Kampung Kadu Embe mengatakan, sebanyak 12 rumah yang terdampak pergeseran tanah termasuk rumahnya. Hal tersebut pun sudah dilaporkan kepada pihak pemerintah. Ia menyebutkan, pergerakan tanah sudah sering terjadi jika curah hujan tinggi, namun pergerakan tanah ini merupakan peristiwa terparah. “Kalau total ada 12, yang rusak parah ada 4 rumah, yang mengungsi baru dua. Pergerakan tanah ini sudah sering terjadi, tapi ini yang lebih parah. Alhamdulillah bantuan sudah ada seperti sembako,” ujar Arif. []