Beranda Peristiwa Rumah Warga Pandeglang Terbakar Akibat Konsleting Listrik

Rumah Warga Pandeglang Terbakar Akibat Konsleting Listrik

267

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Kebakaran melanda sebuah rumah milik Oyi (57) dan Asma (50) warga Kampung Kadu Toke, Kelurahan Kabayan, Kecamatan/ Kabupaten Pandeglang, Senin 01 November 2021.

Pantauan dilokasi, warga dan pemadam kebakaran berusaha memadamkan api yang diduga akibat konsleting listrik. Beruntung saat peristiwa terjadi, pemilik rumah tidak berada di tempat, namun meskipun tidak ada korban sang pemilik pun pingsan dan menangis saat melihat kondisi rumahnya yang sebagian terbakar.

 

Afendo salah seorang saksi mata mengatakan, peristiwa kebakaran yang menghanguskan sebagian rumah tersebut terjadi pada pukul 10 pagi. Saat para warga hendak menyiapkan acara Maulid Nabi Muhammad SAW. Menurut Afendi, asap muncul di rumah tersebut dan warga pun sontak berhamburan untuk memadamkan api. “Saya kan lewat, pas lihat diatas genteng banyak asap, saya sudah yakin itu kebakaran, dan saya langsung memberitahu warga yang lain,” kata Afendi, saat ditemui di lokasi.

 

Sejumlah barang milik Oyi pun hangus terbakar, seperti pakaian, tempat tidur, lemari hingga dokumen kependudukan. Ia juga menuturkan, kejadian kebakaran sudah di rumah milah Oyi dan Asma. “Barang barang banyak yang terbakar, kalau tidak salah ini yang kedua kalinya kebaran dirumah ini,” terangnya.

 

Sementara, Kasie Kedaruratan dan Logistik pada BPBD Pandeglang, Emil Salim mengatakan, kebakaran terjadi diakibatkan hubungan arus pendek listrik yang terpasang di salah satu kamar rumah tersebut. Emil menyebutkan, kerugian akibat kejadian tersebut diperkirakan mencapai 5 juta rupiah. “Kalau dilihat dan hasil keterangan pemilik rumah, kabel yang digunakan itu kabel sound system, kabel rambut namanya. Seharusnya tidak boleh menggunakan kabel itu, karena tidak akan kuat. Dan kalau diliat dari yang terbakar, kerugian sekitar 5 juta rupiah,” terangnya.

Ia juga menghimbau, agar masyarakat menggunakan kabel yang ber-SNI, dan menggunakan tukang listrik yang sudah berpengalaman. “Jadi gunakan kabel yang sudah SNI, dan tukang listrik yang berpengalaman atau dibawah naungan PLN,” pungkasnya. []