Beranda Cuaca Gempa Bumi di Ujung Kulon Guncang Wilayah Banten, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

Gempa Bumi di Ujung Kulon Guncang Wilayah Banten, BMKG: Tidak Berpotensi Tsunami

979

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Gempa bumi tektonik berkekuatan Magnitudo 4,7 terjadi di wilayah Perairan Taman Nasional Ujung Kulon, sekitar pukul 08.05 WIB pagi tadi, Kamis 07 Oktober 2021.

Dalam keterangan resmi yang diperoleh BCO Media, Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang Hendro Nugroho menyampaikan, hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini terletak pada koordinat 6.91 LS dan 105.04 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 136 KM Barat Daya, Kabupaten Pandeglang pada kedalaman 10 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas pensesaran di laut pada bagian dalam dari lempeng Eurasia,” ujar Hendro Nugroho, Kepala Balai BMKG Wilayah II Tangerang.

 

Meskipun tidak menyebabkan tsunami, lanjut Hendro, hingga saat ini belum terjadi gempa bumi susulan. Selain itu, beberapa wilayah di Banten seperti, Sumur, Cikeusik, Labuan, Cimanggu, Cinangka, Binuangeun, Cijaku, Malingping, Cinangka, Kota Cilegon, dan Kota Serang merasakan guncangan gempa dengan skala intensitas II – III MMI. “Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” jelasnya.

 

Hingga berita ini ditulis, BMKG belum menerima adanya laporan kerusakan yang disebabkan oleh gempa bumi tektonik tersebut serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. []