Beranda Cuaca Belasan Rumah di Pandeglang Rusak Parah Diterjang Banjir Bandang

Belasan Rumah di Pandeglang Rusak Parah Diterjang Banjir Bandang

422

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pandeglang telah mengakibatkan 14 rumah dan satu pabrik tahu di Kampung Rocek Barat, RT 10/04, Desa Rocek, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, rusak parah lantaran diterjang banjir dari aliran Sungai Cilancar.

Berdasarkan pantauan, dari 14 rumah dan satu pabrik tahu itu yang menggalami rusak ringan 8 rumah, rusak sedang 5 dan rusak berat dua unit. Belasan rumah itu mengalami kerusakan karena lokasinya berdekatan dengan aliran Sungai Cilancar tersebut.

Fazri, salah seorang warga mengatakan, meski kerap mengalami banjir, namun peristiwa yang kali ini dirasakan lebih besar dari yang sebelumnya pernah terjadi. Selain itu, luapan dan kencangnya arus sungai yang menerjang permukiman yang berada dibantaran sungai membuat warga tak bisa menyelamatkan harta bendanya. “Datangnya cepat sekali banjir kali ini, kami juga tidak bisa menyalamatkan semua barang-barang berharga hingga pakaian juga habis, dan uang saya juga sebesar Rp6 juta kebawa hanyut,” kata Fazri, Selasa 14 September 2021.

Kendati tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun puluhan warga di area ini sempat panik dan memaksa warga untuk berlari menyelamatkan diri. “Alhamdulillah pak semuanya warga disini pada selamat hanya saja semua harta benda milik warga banyak yang terbawa banjir,” tandasnya.

Hal senada juga dialami Tata. Pasalnya, rumah dan usaha isi ulang air miliknya rusak parah akibat diterjang banjir bandang. Selain itu, uang simpanan sebesar Rp6 juta rupiah miliknya pun ikut hanyut. “Rumah hancur, usaha isi ulang air hancur, uang Rp6 juta hilang. Kerugian puluhan juta,” terangnya.

Diperkirakan, bencana banjir yang menerjang permukiman di bantaran Sungai Cilancar ini telah menelan kerugian hingga ratusan juta rupiah. []