Beranda Humaniora Petugas Balai TNUK Lepasliarkan Buaya yang Masuk ke Tambak

Petugas Balai TNUK Lepasliarkan Buaya yang Masuk ke Tambak

234

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Seekor buaya muara berukuran panjang 1,5 meter hasil tangkapan warga karena masuk ke wilayah tambak udang di Desa Cigorondong, Kecamatan Sumur, kembali dilepasliarkan ke habitat aslinya di Muara Cilintang, Kawasan Balai Taman Nasional Ujung Kulon, Kabupaten Pandeglang, Selasa kemarin 07 September 2021.

Informasi yang dihimpun, salah satu jari pada bagian kaki atau tangan buaya tersebut juga putus. Belum diketahui pasti penyebab hilangnya jari hewan buas ini.

Uniknya meskipun dilepasliarkan di alam liar, namun para petugas Balai Taman Nasional Ujung Kulon itu memberikan nama pada buaya yang diketahui berjenis kelamin betina tersebut. Namanya pun cukup cantik yakni Ayu Chika Lestari yang bermakna Cantik, Sungai Kawasan Yang Lestari.

Sari’an, salah seorang petugas di Java Rhino Study and Conversation Area mengatakan, jika nama itu disematkan kepada hewan buas tersebut dikarenakan untuk memberikan pengingat dan apabila melihatnya pun cukup dengan memanggil namanya. “Buat nanti kalau kita mau melihat dia tinggal panggil namanya aja kalau di Muara Cilintang dan disekitarnya,” kata Sari’an, Petugas JRSCA, Rabu 08 Agustus 2021.

Sari’an menyatakan, pelepasan hewan buas ini juga untuk menjaga ekosistem alam yang berkesinambungan agar populasi buaya tidak terganggu apalagi mengalami kepunahan. Lokasi Muara Cilintang dipilih lantaran sesuai dengan habitat aslinya.

Diharapkan, buaya Ayu dapat menjaga dan tumbuh di kawasan yang jauh dari permukiman penduduk tersebut. “Ya mudah-mudahan bisa tumbuh dan berkembang dengan baik agar kelestarian alam tetap terjaga,” pungkasnya. []