Beranda Tak Berkategori Tekankan Martabat Pers, Pokja Wartawan Banten Gelar Kongres ke VI

Tekankan Martabat Pers, Pokja Wartawan Banten Gelar Kongres ke VI

153

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten menggelar kongres ke VI yang berlokasi di Coconut Island, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Sabtu 28 Agustus 2021.

Agenda kongres ini juga bakal dilakukan selama dua hari, yakni dari hari Sabtu hingga Minggu. Adapun agenda kongres adalah untuk memilih ketua periode 2021-2023.

Ketua Pelaksana Kongres ke VI Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten Khaerul Anwar menyampaikan, salah satu agenda yang penting dalam kongres adalah untuk mereformasi peran dalam mendukung pembangunan di Provinsi Banten. Adapun tema konges kali ini adalah ‘Memperkuat Peran Wartawan di Tengah Pandemi Covid-19 dan Era Digital’. “Pers harus menjawab keresahan masyarakat terhadap perkembangan era digital. Martabat pers harus berada dalam rel agen kontrol sosial,” kata Khaerul Anwar, Ketua Pelaksana Pokja Wartawan Harian dan Elektronik Provinsi Banten.

Ia menuturkan, momentum kongres akan dijadikan sebagai reformasi peran dari kebebasan pers dalam mengawal tata pemerintahan yang baik sesuai dengan konsep good governance. “Sehingga, wartawan yang tergabung dalam Pokja Wartawan Harian dan Elektronik dapat berpartisipasi aktif dalam pembangunan daerah,” terangnya.

Dalam situasi pandemi, lanjut Anwar, adalah berpikir bagaimana untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Sebab, tidak sedikit warga Banten yang kehilangan mata pencaharian akibat bencana non alam tersebut. “Wartawan memiliki peran sentral dalam mengawal pemerintahan yang good governance. Karena pada dasarnya, wartawan adalah pilar keempat demokrasi setelah eksekutif, legislatif dan yudikatif,” tegasnya. []