Beranda Kesehatan Kartu Vaksinasi Jadi Syarat Wajib Peneriman Bansos BLT di Pandeglang

Kartu Vaksinasi Jadi Syarat Wajib Peneriman Bansos BLT di Pandeglang

635

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pandeglang, memiliki cara tersendiri agar program vaksinasi bisa berjalan sempurna, salah satunya adalah dengan tidak memberikan bantuan sosial (Bansos) ataupun bantuan langsung tunai (BLT) bagi warga yang belum memiliki kartu vaksinasi.

Seperti pantauan di Kelurahan Pandeglang, Kecamatan Pandeglang, Kabupaten Pandeglang, beberapa warga terpaksa tidak bisa mencairkan bantuan sosial tunai dari Pemerintah Pusat, sebesar Rp600 ribu rupiah karena tidak memiliki kartu vaksinasi Covid-19. Warga yang belum di suntik vaksin terpaksa di tolak oleh petugas kelurahan, dan diminta untuk melakukan vaksinasi terlebih dahulu ke pelayanan kesehatan terdekat.

Hal tersebut diungkapkan warga sekitar, Neng Jumiati mengatakan, datang ke Kantor Kelurahan Pandeglang untuk mencairkan dana bantuan sosial tunai Covid-19, namun niatnya tersebut terpaksa harus dibatalkan karena tidak memiliki kartu vaksin. “Iyah belum bisa dicairkan, karena harus ada kartu vaksin. Sementara saya belum di vaksin,” kata Neng Jumiati, Rabu 21 Juli 2021.

Ia menuturkan, alasannya belum di vaksin dikarenakan takut dengan isu-isu di media sosial terkait efek samping dari vaksin. Namun, setelah dinyakinkan oleh petugas bahwa vaksin tidak berbahaya. “Tadi kata petugas tidak bahaya, terus kalau tidak di vaksin bantuannya akan di tangguhkan, yaudah saya mau di vaksin. Ini mau ke Puskesmas,” terangnya.

Sementara itu, Lurah Pandeglang Afendi mengatakan, pembagian BST Covid-19 tahap lima dan enam ini sesuai Peraturan Presiden nomor 14 tahun 2021, dimana warga yang ingin mencairkan dana bantuan tersebut harus memenuhi beberapa persyaratan salah satunya adalah telah memiliki kartu vaksin Covid-19. “Kita mengacu pada peraturan Presiden, jadi harus ada kartu atau bukti telah di vaksin,” ujarnya.

Menurutnya, hal tersebut sebagai upaya mendukung program vaksinasi yang terus digencarkan Pemerintah Pusat, Provinsi Banten, maupun Kabupaten Pandeglang. Ia juga menyebutkan, dari 840 keluarga penerima manfaat (KPM) yang terdaftar, masih banyak warga yang belum melaksanakan vaksinasi Covid-19. “Ini adalah bentuk upaya mendukung vaksinasi di Kabupaten Pandeglang, agar pandemi ini segera berakhir,” imbuhnya.

Afendi menambahkan, bagi warga yang belum divaksin karena sakit dapat mencairkan dana BST dengan membawa surat keterangan dari puskesmas, serta membuat surat pernyataan bahwa akan divaksin dikemudian hari danditandatangani diatas materai. “Kalau yang punya keluhan sakit, atau yang sudah terpapar covid harus membawa bukti dari puskesmas, adapun yang belum di vaksin harus membuat surat pernyataan bahwa akan di vaksin di kemudian hari,” pungkasnya. []