Beranda Humaniora Satgas Covid-19 Pandeglang Lakukan Patroli PPKM, Kawasan Alun-Alun Gelap Gulita

Satgas Covid-19 Pandeglang Lakukan Patroli PPKM, Kawasan Alun-Alun Gelap Gulita

250

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Petugas gabungan dari unsur Satpol PP Kabupaten Pandeglang, TNI-Polri, dan Dinas Perhubungan Kabupaten Pandeglang, melakukan giat penertiban para pedagang di wilayah seputar Alun-alun Pandeglang untuk membendung laju kenaikan angka Covid-19 di wilayah ini  yang semakin meningkat setiap harinya makin.

Dalam kegiatan patroli ini, para petugas mendatangi dan melakukan imbauan kepada masyarakat, untuk taat menerapkan protokok kesehatan. Selain itu,  Satgas Covid-19 Kabupaten Pandeglang juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat dan pemilik warung terkait jam operasional PKL selama PPKM.

“Ini merupakan upaya kami dari Satgas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Pandeglang, dalam rangka meminimalisir jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 yang terus meningkat, dan mendukung program pemerintah sesuai Instruksi Mendagri Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM),” ungkap Ida, Kabid Linmas Dinas Satpol PP Kabupaten Pandeglang, Senin 12 Juli 2021.

Sebagai informasi, selain pemberlakuan jam malam saat penerapan PPKM Darurat, Pemkab Pandeglang juga melakukan pemadaman lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di wilayah Alun-alun Pandeglang, dan Jalan Protokol mulai pukul 19.00 WIB.

Pemadaman lampu PJU, dilakukan sebagai salah satu upaya Pemkab mengurangi mobilitas masyarakat. Sehingga dengan dilakukan pemadaman lampu, masyarakat untuk berkegiatan tidak penting, yakni berkerumun di pinggir jalan jadi berkurang. “Diharapkan, dengan dilakukannya kegiatan patroli seperti ini, masyarakat Pandeglang semakin disiplin dalam penerapan Prokes. Sehingga penyebaran Covid-19 dapat segera teratasi, minimal bisa mengurangi penyebarannya,” terang Ida.

Salah seorang pedagang kaki lima di seputar Alun-alun Pandeglang, Soleh mengaku, pemberlakuan jam operasional ini sangat berpengaruh pada penghasilan ekonomi. Ia hanya bisa pasrah dengan keadaan seperti ini, Ia hanya berharap agar Pandemi Covid-19 segera berakhir. “Dengan adanya penyekatan PPKM Darurat yang dilakukan di wilayah Pandeglang, penghasilan saya sebagai pedagang menurun drastis. Terlebih lagi adanya pemadaman lampu di Alun-Alun ini, makin saja penghasilan saya berkurang jauh,” singkatnya. []