Beranda Humaniora Diresmikan Bupati, Kampung Tangguh di Pandeglang Timbulkan Kerumunan

Diresmikan Bupati, Kampung Tangguh di Pandeglang Timbulkan Kerumunan

352

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Peresmian kampung tangguh nusantara di Kampung Cileuksa, Desa Bandung, Kecamatan Banjar, Kabupaten Pandeglang, menimbulkan kerumunan massa. Padahal saat ini Kabupaten Pandeglang sedang menerapkan PPKM Mikro, karena kasus terkonfirmasi positif Covid-19 terus mengalami peningkatan beberapa pekan terakhir.

Acara peresmian kampung tangguh nusantara maung yang digelar pada Kamis 08 Juli 2021, itu juga dihadiri langsung Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati, bersama jajaran Forkompimda Pandeglang  yang mana dalam acara tersebut, ada tarian tradisional sehingga mengundang antusiasme warga sekitar dan menimbulkan kerumunan massa.

Bupati Pandeglang Irna Narulita membenarkan adanya kerumunan saat kegiatan tersebut, namun menurutnya situasi tersebut masih terbilang aman, karena petugas keamanan dari Kepolisian, Satpol PP dan TNI selalu menghimbau warga untuk menerapkan protokol kesehatan. “Setelah melakukan beberapa kali testing, ternyata masih aman-aman saja. Tapi memang jangan sampai terlalu euforia. Tadi kegembiraan masyarakat di sini ditunjukan sudah diingatkan terus untuk prokesnya dijaga, jaraknya dijaga sama maskernya diperketat,” kata Irna Narulita, Bupati Pandeglang.

Irna mengaku, kerumunan yang tak terhindarkan ini bagian dari antusias masyarakat yang nantinya bisa menjadi pelopor garda terdepan dalam penanganan Covid-19. Ia pun berharap kampung tangguh ini bisa menginspirasi kampung di desa lainnya selama pandemi Covid-19. “Ini tanda syukur mereka kali ini kita datang supaya mereka bisa memberikan inspirasi kepada yang lain,” terangnya.

Sementara itu, Kapolres Pandeglang AKBP Hamam Wahyudi mengatakan, sebelum acara dimulai warga sudah dihimbau sebelumnya untuk mematuhi protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan memakai masker. Selain itu, beberapa petugas pun disiapkan saat acara berlangsung untuk mengingatkan warga untuk tetap disiplin protokol kesehatan agar tidak terjadi kluster baru penyebaran wabah Covid-19.¬† “Sudah diedukasi tadi, intinya supaya tidak berkerumun. Ada petugas juga yang mobile memberikan imbauan ke masyarakat supaya terus disiplin prokes, karena kalau tidak prokes, ini dapat menimbulkan kerawanan di situasi yang saat ini,” ujar AKBP Hamam.

Untuk diketahui, kampung tangguh nusantara ini merupakan program yang di gagas Polri untuk menekan angka penyebaran Covid-19 dimasyarakat, dan diharapkan masyarakat dapat mendorong sikap pencegahan sedari dini agar mampu menanghulangi pandemi di lingkungan terdekat. []