Beranda Kesehatan Pasien Tak Jujur, 132 Nakes di Pandeglang Positif Covid-19

Pasien Tak Jujur, 132 Nakes di Pandeglang Positif Covid-19

1242

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Sebanyak 132 tenaga kesehatan di 36 Puskesmas di Kabupaten Pandeglang, terpapar Covid-19 yang disebabkan pasien tidak jujur saat sedang ditangani.

Tenaga kesehatan yang terkonfirmasi positif covid-19 itu mulai dari perawat, bidan dan apoteker, serta bagian administrasi. Akibatnya, pelayanan kepada masyarakat terhambat dan beberapa puskesmas terpaksa ditutup sementara dua hingga tiga hari untuk dilakukan sterilisasi.

“Ya saat ini kami data ada 132 Nakes, tapi bukan nakes saja ada bidan apoteker, dan bagian administrasi pun terpapar, jadi ada beberapa puskesmas yang tutup sehingga mengganggu pelayanan kepada masyarakat,” kata Ahmad Sulaeman, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Pandeglang, Senin 05 Juli 2021.

Sulaeman mengatakan, tenaga kesehatan yang terpapar Covid-19 lantaran perilaku masyarakat yang tidak terbuka soal gejala yang sedang di deritanya. “Mereka terpapar karena tracking, dan adanya pasien yang tidak jujur kalau sudah terpapar covid,” terangnya.

Ia menyebutkan, saat ini para nakes tersebut tengah menjalani isolasi mandiri di tempat tinggal masing-masing. Pihaknya meminta kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat, dengan menerapkan 5 M, seperti menjaga jarak, memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas. “Sekarang nakes isolasi mandiri. Pokoknya kita terutama masyarakat harus menerapkan proses yang lebih ketat,” tuturnya. []