Beranda Humaniora Merasa Dicurangi Panitia Pilkades, Ratusan Massa di Pandeglang Unjuk Rasa di Kantor...

Merasa Dicurangi Panitia Pilkades, Ratusan Massa di Pandeglang Unjuk Rasa di Kantor Kecamatan

1006

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Ratusan warga Desa Ciherang, Kecamatan Picung, yang mendukung salah seorang Bakal Calon Kepala Desa (Balon Kades) melakukan unjuk rasa di kantor Sekretariat Panitia Kecamatan Picung, Jumat 02 Juli 2021.

Ratusan massa itu mendesak panitia untuk membuka hasil jawaban bakal calon yang dianggap gagal. Ratusan massa iutu juga sempat bersitegang dengan pihak kecamatan. Meskipun tidak berlangsung lama, namun akhirnya para perwakilan melakukan audensi dengan panitia. Saat di dalam forum, panitia membandingkan hasil jawaban bakal calon yang gagal dengan jawaban yang telah ditentukan. Namun panitia malah tidak menilai hasil jawaban tes tulisnya itu.

Salah seorang masa aksi sekaligus Bakal Calon Kades Ciherang, Yayan Sopyan mengatakan, ia kaget saat melihat jawaban tes tulis esai yang tidak diberikan nilai oleh panitia. Padahal yang di isinya tersebut sudah sesuai dengan jawaban yang telah ditentukan oleh DPMPD Pandeglang. “Ada yang dinyatakan nol tes tulis saya, padahal melihat esensi jawaban yang saya isi itu sama dengan jawaban yang telah ditentukan oleh panitia,” kata Sopyan.

Akibat kesalahan panitia tingkat Kecamatan Picung, Yayan yang merupakan sarjana Magister Pendidikan itu merasa dirugikan karena secara akumulatif nilai tes tulis sangat rendah. Akibatnya ia dianggap tidak dapat menjadi calon kepala desa. “Jelas saya dirugikan karena secara akumulatif nilai saya rendah,” keluhnya.

Atas persoalan itu, ia meminta panitia tingkat kecamatan untuk menunda tahapan pengundian nomor untuk para calon. Pasalnya, ia menilai bahwa ada ketidakadilan setelah diperlihatkannya hasil tes tulis. “Ingin ditangguhkan tahapan pengundian nomor. Itu sudah kami sampaikan kepada panitia Tingkat Kecamatan. Mereka katanya akan koordinasi dengan panitia tingkat kabupaten,” tutupnya.

Sementara itu, Panita Pilkades Kecamatan Picung beserta Camat Picung tidak memberikan tanggapannya saat dimintai komentar terkait tuntutan massa aksi dan hasil audensi yang dilakukan. []