Beranda Humaniora Unik! Satu Batang Pohon Pisang di Pandeglang Miliki Lima Jantung

Unik! Satu Batang Pohon Pisang di Pandeglang Miliki Lima Jantung

409

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Tanaman pohon pisang yang tumbuh dengan lima jantung atau bunga, menghebohkan warga Kampung Cihasem, Kecamatan/Kabupaten Pandeglang, Selasa 29 Juni 2021.

Tak cuma langka dan unik, rupanya pisang dengan jantung lima buah itupun tumbuh diatas pohon yang telah mati sehingga memiliki ukuran yang pendek.

Darsono (50), pengurus kebun mengatakan, pohon yang diperkirakan berumur dua bulan dengan tinggi 50 centimeter itu pun baru diketahuinya saat ia membersihkan kebun seluas 150 meter persegi tersebut. Ia pun terkejut saat pertama kali melihat pohon pisang dengan lima jantung itu dan langsung memberitahukan kepada rekannya. “Lagi babad rumput, pas liat eh ada pisang jantungnya lima, kan aneh. Saya langsung beritahu kepada teman saya,” kata Darsono.

Darsono menuturkan, sebelum melihat fenomena ini, dua bulan lalu ia menaburkan pupuk diatas pohon pisang yang mati tersebut. “Inikan ada pohon yang sudah mati, terus tumbuh lagi, saya kasih pupuk, tapi saya kaget pas sekitar dua bulan ada lima jantung pisang di pohon itu,” terangnya.

Saat ini, pohon pisan itu pun ia rawat dan sekelilingnya ditutupi dengan pagar agar tidak dirusak binatang. Peristiwa itu pun belum ia beritahu kepada pemilik kebun. “Sementara kita rawat dan dijaga, saya pengen lihat gimna nanti hasil buahnya. Tapi belum saya beritahukan kepada pemilik, karna saya hanya tukang kebun,” tuturnya.

Sontak saja, tumbuhan dengan jantung lima buah itu pun mengundang perhatian warga untuk melihat fenomena unik dan langka tersebut. Pasalnya, keberadaan tanaman pisang dengan lima jantung itu baru pertama kali terjadi. “Baru pertama kali lihat ini, kalau di agama Islam sama seperti rukun islam ada lima, dan sholat yang ada lima waktu,” ujar Sulaeman. []