Beranda Pemerintahan Pemkab Pandeglang Salurkan Bantuan dan Dirikan Tenda untuk Korban Puting Beliung di...

Pemkab Pandeglang Salurkan Bantuan dan Dirikan Tenda untuk Korban Puting Beliung di Panimbang

179

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Pemerintah Kabupaten Pandeglang, melalui Dinas Sosial dan BPBD Kabupaten Pandeglang menyalurkan bantuan kepada puluhan korban terdampak angin puting beliung pada Sabtu lalu.

Dari data Tagana Kabupaten Pandeglang, sebanyak 50 rumah di Kecamatan Panimbang rusak akibat diterjang puting beliung. Puluhan rumah tersebut terletak di dua Kampung, yakni Kampung Kebon RT 004/014 dan Kampung Soge Karyabakti RT 003/008, Desa Panimbang Jaya.

Kepala Dinsos Pandeglang Nuriah mengatakan, selain menyalurkan bantuan
Pemkab juga mendirikan tenda darutat untuk para korban angin kencang yang rumahnya roboh. Kadinsos Pandeglang Nuriah bahkan turun langsung ke lokasi untuk menyerahkan bantuan logistik dan peralatan yang dibutuhkan.

“Sebetulnya pas kejadian saya ingin terjun langsung, namun agar maksimal saya pastikan data para korbannya terlebih dahulu, dan minggu kan saya langsung menyalurkan bantuan dan memastikan kesehatan masyarakat yang tertimpa becana itu,” kata Nuriah, Kadinsos Kabupaten Pandeglang, Senin 28 Juni 2021.

Ia menuturkan, bantuan secara simbolis yang disalurkan langsung oleh pihaknya itu yakni berupa paket sembako, kasur lipat, peralayan dapur, makan siap saji, makanan bayi dan beras. “Lebih penting kami utamakan bantuan berupa makanan siap saji, logistik lengkap atau sembako terlebih dahulu, lalu kebutuhan lainnya seperti kasur lipat, peralatan dapur dan lainnya,” jelasnya.

Ketua Tagana Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyana mengatakan, bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Daerah sangat membantu para korban bencana puting beliung. Ia juga menyebutkan, bahwa bukan hanya Pemda saja, bahkan dari pihak kepolisian setempat pun turut meringankan beban masyarakat. “Ada BPBD dan Dinsos dari Pemerintah, dari Kepolisian juga ada seperti Polsek Panimbang memberikan puluhan kilo gram beras, minyak sayur dan lain-lain,” singkat Ade.[]