Beranda Hukum dan Kriminal Residivis Pencuri Rumah Kosong di Pandeglang Diringkus Polisi

Residivis Pencuri Rumah Kosong di Pandeglang Diringkus Polisi

249

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Seorang residivis spesialis pencurian rumah kosong berinisial MZF (25), berhasil diringkus Unit Reskrim Polsek Pandeglang setelah mencuri satu unit motor dan satu unit televisi di wilayah Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang.

Kanit Reskrim Polsek Pandeglang AKP Aap Ahmad Rifa’i mengatakan, pelaku melakukan tindak pencurian di rumah yang sama dengan waktu yang berbeda. Dimana sebelumnya, pelaku mengambil motor korban dengan masuk kedalam rumah melalui plafon. “Tersangka adalah residivis pencurian rumah kosong, cara pelaku masuk kedalam rumah melalui pintu belakang yang tidak ada kuncinya. Kemudian, pelaku memanjat menuju langit-langit rumah atau plafon,” ungkap AKP Aap Ahmad Rifa’i, Kanit Reskrim Polsek Pandeglang, Senin 14 Juni 2021.

Setelah mencuri sepeda motor korban, aksi pelaku kembali berlanjut pada waktu berbeda. Pelaku kembali masuk kedalam rumah korban, dan mengambil TV. Akan tetapi, aksi pelaku terekam oleh CCTV yang dipasang oleh korban. “Karena korban ini merasa geram dengan aksi pencurian di rumahnya, lalu korban memasang kamera CCTV. Selang beberapa hari, pelaku yang sama kembali masuk lagi ke dalam rumah itu, dan mengambil TV korban,” katanya.

Berbekal, dari rekaman Cctv itu, polisi membekuk tersangka saat tengah tertidur di rumahnya. Selain mengamankan pelaku, pihak kepolisian juga mengamankan barang hasil curiannya yang sudah dijual oleh pelaku. “Pelaku diamankan saat sedang tidur di rumahnya, di wilayah Kecamatan Kaduhejo. Kendaraan hasil curiannya juga diamankan, meski sudah dijual dan pemilik kendaraan tersebut sudah kami beritahu,” ujarnya

Sementara itu, Kapolsek Pandeglang Kompol Herry Fitriyono membenarkan, bahwa pihaknya sudah mengamankan residivis pelaku tindak pidana pencurian. Akibat dari perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 363 ayat 1 tentang pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman 7 tahun penjara.

“Iya pelaku dan barang bukti satu unit sepeda motor dan satu unit televisi sudah diamankan di Polsek, kita akan kenakan pasal 363, dan hukumannya kurang lebih 7 tahun penjara,” ungkapnya.[]