Beranda Humaniora 500 Orang Daftarkan Diri Jadi Calon Kepala Desa di Pandeglang

500 Orang Daftarkan Diri Jadi Calon Kepala Desa di Pandeglang

290

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Sebanyak 500 orang mendaftarkan diri menjadi bakal calon kepala desa (Balon Kades) pada Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Pandeglang. Mereka mendaftarkan diri sejak dibukanya pendaftaran Balon Kades di 207 Desa yang tersebar di 32 Kecamatan pada 4 Juni 2021 lalu.

Kabid Pemerintahan Pemdes pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kabupaten Pandeglang Asep Permana mengaku, sudah menerima laporan jumlah yang mendaftar Balon Kades dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Pandeglang. Jumlah sementara yang mendaftar tercatat ada sebanyak 500 orang. “Kami baru merekap sebagian yang sudah pasti daftar ke para panitia di tingkat desa yang melaksanakan Pilkades. Dari 207 Desa di 32 Kecamatan, yang baru daftar itu ada sekitar 500 orang,” kata Asep Permana, Kabid Pemdes DPMPD Kabupaten Pandeglang di kantornya, Kamis Juni 2021.

Ia menuturkan, data yang sudah pasti daftar itu sewaktu-waktu bakal berubah, karena selain pendaftaran masih berlanjut yang dimungkinkan juga ada penambahan jumlah pendaftar. “Jumlah ini baru sementara ya, kemungkinan ada penambahan, waktu pendaftaran masih ada karena dimulai selama 9 hari yang terhitung dari 4-12 Juni 2021 mendatang,” ujarnya.

Ditambahkan, setelah diketahui jumlah pendaftar resminya Pemkab Pandeglang akan melakukan penyaringan Balon Kades Itu sesuai Perbup Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Tata Cara Pencalonan, Pemilihan, Pelantikan dan Pemberhentian Kades di Masa Pandemi Covid-19. “Sesuai pasal 40 dalam Perbup itu, batas calon kades itu setiap desa minimal dua, dan maksimalnya hanya 5 calon. Jadi tak boleh kurang dan lebih dari ketentuan tersebut. Prosesnya nanti ada sesi penyaringan Balon Kades baik melalui pemeriksaan administrasi maupun tes,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan, selain itu sesi penyaringan Balon Kades itu bakal dilaksanakan dari penelitian berkas persyaratan yang bakal dilaksanakan selama 4 hari terhitung dari 22-25 Juni 2021 mendatang. Setelah itu dilanjutkan penetapan Balon yang berhak mengikuti ujian. “Nanti penetapannya itu tanggal 26 Juni 2021 mendatang.Kalau itu semua sudah dilalui, bakal masuk pada tahapan pelaksanaan ujian saringan dan penilaian selama 3 hari dari 27-29 Juni 2021,” pungkasnya.

Sementara itu, Muhammad Ropik, salah seorang Balon Kades yang juga merupakan petahana atau yang masih menjabat sebagai Kepala Desa Mogana, Kecamatan Banjar ini mengatakan, bahwa dirinya optimistis akan maju kembali dalam Pilkades 2021 ini, dengan visi-misi lebih memajukan Desa Mogana lebih baik.  “Alhamdulillah pendaftaran sudah, baik dari desa maupun ke Kantor DPMPD. Intinya harus optimis, dan saya meminta doa dan dukungannya dari masyarakat untuk saya kembali membangun Desa Mogana lebih baik,” singkatnya. []