Beranda Bisnis Objek Wisata Ditutup, Pedagang di Cikoromoy Rugi Jutaan Rupiah

Objek Wisata Ditutup, Pedagang di Cikoromoy Rugi Jutaan Rupiah

315

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Para pedagang di tempat wisata Cikoromoy, Kabupaten Pandeglang, mengaku penghasilan mereka merosot tajam pasca ditutupnya lokasi objek wisata oleh Gubernur Banten, selama libur lebaran tahun 2021.

Para pedagang kini harus menanggung kerugian jutaan rupiah akibat dagangannya tak laku, padahal mereka sudah menyiapkan stok dagangan yang cukup banyak.

Bahkan sejumlah pedagang harus berhutang untuk memenuhi dagangannya sebelum aturan penutupan diberlakukan, Yati misalnya, salah seorang pedagang ini menyatakan mengalami kerugian jutaan rupiah. Hal itu dikarenakan modal yang ia pinjam untuk berjualan di tempat wisata mencapai 11 juta rupiah dari tetangganya. Ia pun kebingungan untuk membayar uang yang ia pinjam untuk modal usahanya tersebut. “Saya lebaran ini pinjem 11 juta rupiah ke tetangga, gimana coba bayarnya. Wisata sepi gara gara di tutup,” kata Yati, kepada BCO Media, Selasa 18 Mei 2021.

Dikatakan, jika dihari normal sebelum adanya Covid-19, perharinya ia dapat meraup keuntungan 1 juta rupiah. Namun, saat ini Ia mengaku baru mendapatkan 50 ribu rupiah. “Biasanya lumayan, ada gitu buat nambahin bayar modal, hari ini baru 50 ribu dapet dari pagi sampe sore,” terangnya.

Hal serupa juga dikatakan Maya (35), ia yang memijam uang ke Bank sekitar 6 juta rupiah untuk modal usahanya di tempat wisata Cikoromoy, kini harus berpikir keras untuk membayarnya. Hal itu dikarenakan sepinya wisatawan akibat dari penutupan tempat wisata yang mendadak oleh pemerintah. “Saya tidak tahu lagi bayarnya seperti apa, pembeli sepi, trus bayar ke Bank mereka tidak tahu menau kan,” kata Maya singkat. []