Beranda Humaniora 360 Personil Gabungan Jaga Pengetatan Mudik di Pandeglang

360 Personil Gabungan Jaga Pengetatan Mudik di Pandeglang

989

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Kepolisian Resort Pandeglang bersama TNI dan instansi pemerintah daerah siap menggelar Operasi Ketupat Maung 2021 yang mulai dilaksanakan dari tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang, operasi itu dilakukan untuk menciptakan suasana kondusif, aman dan tertib pada Ramadhan hingga Idul Fitri 1442 Hijriah di masa Pandemi Covid-19.

Kapolres Pandeglang AKBP Hamam Wahyudi mengatakan, menjelang perayaan hari raya idul fitri, Polres Pandeglang bersama Pemerintah daerah melakukan penyekatan wilayah perbatasan keluar masuk Pandeglang. “Kami telah membuat posko pelayanan dan pengamanan selama 24 jam dengan menempatkan beberapa personil guna melakukan pengecekan dan pemantauan terhadap masyarakat yang keluar masuk Pandeglang,” kata AKBP Hamam Wahyudi, Kapolres Pandeglang, Rabu 05 Mei 2021.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, Polres Pandeglang dalam Operasi Ketupat Maung 2021 menerjunkan 360 personil gabungan dari Polres Pandeglang, TNI serta unsur Pemerintah daerah seperti Dishub, Satpol PP, Dinas Kesehatan dan instansi lainnya. “Keluar masuk Pandeglang kami lakukan pengecekan, apakah para pemudik terbebas dari Covid-19 atau tidak, sekalipun yang bersangkutan telah dinyatakan terbebas dari Covid-19 tentu saja kami tetap menyarankan untuk kembali ke daerah asalnya,” terangnya.

Sementara itu, Bupati Pandeglang Irna Narulita mengatakan, perayaan idul fitri saat ini masih dalam masa Pandemi Covid-19, pastinya masyarakat ingin berkumpul bersama keluarga, akan tetapi ada anjuran dari Pemerintah untuk tidak melaksanakan mudik kali ini karena pandemi Covid-19 masih berlangsung. “Idul fitri ini kan masih dimasa pandemi, jadi jangan dulu mudik,” imbuhnya.

Ia menambahkan, untuk mencegah penyebaran Covid-19 dimomen idul fitri, pihaknya butuh personel-personel yang terintegrasi untuk bisa melakukan pemetaan di setiap posko yang telah tersebar di wilayah Pandeglang, agar bisa menangani dan mengantisipasi warga yang masih berniat melaksanakan mudik ditengah larangan pemerintah. “Personil gabungan ini akan kita tempatkan di setiap posko yang ada agar bisa menangani masyarakat yang akan mudik,” jelasnya.

Ia berharap, momentum idul fitri tahun ini tidak ada lonjakan penyebaran Covid-19, maka dari itu pihaknya harus memastikan operasi ketupat 2021 berjalan dengan baik. “Kita akan bersama-sama mengentaskan pandemi covid-19, sehingga aktivitas kita bisa kembali normal seperti biasa,” pungkasnya. []