Beranda Humaniora Ironis! Jembatan di Pandeglang Ini Pakai Batang Pohon

Ironis! Jembatan di Pandeglang Ini Pakai Batang Pohon

400

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Akses penghubung tiga kecamatan di atau jembatan yang berada di Kampung Kadu Cau, Desa Kadu Dodol, Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, ambruk akibat cuaca ekstrem yang melanda sebagian wilayah Pandeglang sehingga menyebabkan air meluap dan membuat jembatan ambruk.

Jembatan penghubung itu diketahui berada di jalur lintas kecamatan dan masuk dalam kewenangan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang. Selain itu, hanyutnya jembatan membuat warga memasang tumpukan batang pohon untuk tetap bisa melintas.
Asep (30) salah seorang pengendara yang melintas mengatakan, Ia tidak tahu persis kejadian jembatan ambruk tersebut, namun Ia memastikan jembatan ambruk itu sudah berlangsung berbulan-bulan dan tidak kunjung diperbaiki. “Kejadiannya tidak tahu saya, tapi saya sering lewat sini, ini sudah lama,” kata Engkos, saat ditemui di lokasi, Rabu 28 April 2021.

Sementara itu, Agus Ryanto Camat Cimanuk membenarkan adanya jembatan ambruk yang berada di wilayahnya. Ia menyebutkan bahwa jembatan ambruk itu sudah berlangsung satu tahun, dan sampai saat ini belum adanya perbaikan.

“Ya memang benar ada, itu sudah satu tahun ambruk, sekarang cuma pakai batang pohon,” ungkap Agus.

Ia menuturkan, pihak Kecamatan Cimanuk sudah berupaya dan mengusulkan kepada Pemkab Pandeglang agar jembatan yang menghubungkan tiga kecamatan, yakni Kecamatan Cimanuk, Kecamatan Banjar dan Kecamatan Kaduhejo, itu segera diperbaiki.

“Itu akses utama menghubungkan tiga kecamatan, kita sudah mengusulkan ke pihak PUPR Pandeglang agar segera diperbaiki,” pungkasnya. [PIAN]