Beranda Infrastruktur Usulan Normalisasi Dua Sungai di Pandeglang Diabaikan Pemerintah Pusat

Usulan Normalisasi Dua Sungai di Pandeglang Diabaikan Pemerintah Pusat

46

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Usulan normalisasi dua aliran sungai yakni Sungai Ciliman dan Sungai Cilemer oleh Pemkab Pandeglang kepada Pemerintah Pusat hingga saat ini belum ditanggapi. Padahal setiap tahunnya, usulan normalisasi dua sungai itu sering kali disampaikan Pemerintah Kabaupaten Pandeglang.

Kepala Seksi (Kasie) Pencegahan dan Kesiapsiagaan pada BPBD Kabupaten Pandeglang Usep Sugih Mulyadi mengatakan, pihaknya telah menyampaikan usulan tersebut kepada Pemerintah Pusat karena kewenangan melakukan normalisasi terhadap ke dua aliran sungai itu berada dibawah Kementerian PUPR. Namun, kata Usep, hingga saat ini belum ada kegiatan pengerukan dari pendangkalan di kedua sungai tersebut.
“Kita sudah sampaikan agar ada normalisasi sungai, apa lagi sekarang mulai memasuki musim hujan. Tetapi memang, sampai saat ini belum ada tindaklanjutnya, kita harapkan semoga dalam waktu dekat ini bisa ada respon atas usulan yang kita sampaikan,” kata Usep, saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa 20 April 2021.

Dikatakan, usulan itu telah disampaikan oleh kepala daerah kepada kementerian terkait agar bisa segera ditindaklanjuti lantaran Pandeglang merupakan daerah langganan banjir. “Kita akan sampaikan lagi sampai ada normalisasi sungai. Karena kalau tidak dilakukan normalisasi, bencana banjir di Pandeglang akan sulit teratasi,” imbuhnya.

Usep mengaku, telah melakukan antisipasi dan melakukan rapat koordinasi dengan para camat dan perangkat desa di beberapa wilayah yang kerap menjadi langganan banjir sebagai bentuk antisipasi. “Kita sudah sampaikan dan meminta kepada para perangkat desa agar bertindak cepat ketika terjadi bencana, termasuk memberikan pelayanan kesehatan saat bencana terjadi,” terangnya.

Sementara ditemui terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Pandeglang Habibi Arafat menyarankan kepada Pemkab Pandeglang agar kembali melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak-pihak terkait supaya normalisasi sungai bisa dilakukan dengan segera. “Sekarang masih musim hujan dengab intenaitas tinggi dan bisa memicu banjir. Sebaiknya, Pemkab segera kembali sampaikan usulan sampai ada respons agar banjir di Pandeglang bisa segera teratasi,” pungkasnya. [PIAN]