Beranda Humaniora Penyaluran Dana BPUM di Bank BNI Pandeglang Timbulkan Kerumunan

Penyaluran Dana BPUM di Bank BNI Pandeglang Timbulkan Kerumunan

158

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Pembagian bantuan bagi Pelaku Usaha Mikro (BPUM) di Bank BNI Cabang Pandeglang, menimbulkan antrean yang begitu padat sehingga tampak kerumunan masyarakat yang tak terbendung. Senin 19 April 2021.

Berdasarkan pantauan, kerumunan masyarakat yang mengantri itu sangat jelas tidak memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. Selain itu, tak terlihat juga adanya tim pengamanan yang memberikan himbauan agar masyarakat tidak berkerumun. Bahkan, petugas dari Satgas Covid-19 Kabupaten Pandeglang pun tidak terlihat melakukan penjagaan.

Nurholimah, salah seorang warga penerima bantuan yang tengah menunggu panggilan mengaku khawatir akan antrian yang begitu menumpuk. Pasalnya ia mengetahui saat ini masih dalam kondisi Covid-19. Meski, dalam melakukan antrian, penerapan masker masih digunakan oleh masyarakat namun tak jarang banyak ibu-ibu yang datang ke lokasi membawa anak-anak. “Petugas dari pihak bank memang ada memberikan himbauan untuk menjaga jarak, tapi karena masyarakat yang tidak menghiraukan.  Sebetulnya saya takut makanya memisahkan diri saja,” kata Nurholimah.

Dikatakannya, penumpukan masyarakat di Bank BNI disebabkan lantaran ketidaksabaran dalam menunggu antrean. “Biasa saja ibu-ibu kan pada tidak sabar jadinya merangsek saja. Padahal, memang ada himbauan mah,” ucapnya.

Sementara itu, Asep mengaku khawatir apabila kondisi antrian pada tiap bank yang ditunjuk sebagai penyalur bantuan bagi masyarakat kerap mengalami penumpukan hingga mengabaikan protokol kesehatan. Diharapkannya, dalam pembagian terdapat perwakilan satuan tugas (Satgas) covid-19 yang bisa mencegah terjadinya kerumunan. “Harusnya agar tidak terjadi penumpukan ini ada penjagaan dan pemantauan dari pihak satgas. Karena, kalau hanya petugas bank saja pasti kewalahan dengan banyaknya masyarakat yang datang,” pungkasnya.

Dari data Satgas Covid-19, Kabupaten Pandeglang masuk dalam zona orange penyebaran wabah Covid-19, dengan  kasus terkonfirmasi positif sebanyak 2.107 pasien, 1.856 pasien sembuh, 213 masih isolasi dan 38 orang meninggal dunia. [PIAN]