Beranda Humaniora Sakti Peksos Kemensos RI Pantau Perkembangan Tiga Anak Kelompok Hakekok

Sakti Peksos Kemensos RI Pantau Perkembangan Tiga Anak Kelompok Hakekok

93

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Satuan Bakti Pekerjaan Sosial (Sakti  Peksos) Kementerian Sosial RI yang ditugaskan di Dinas Sosial (Dinsos) memberikan trauma healing bagi tiga orang anak kelompok ‘Hakekok’ Pandeglang. Mereka pun ditugaskan memantau perkembangan ketiga anak itu secara psikologis maupun sosial.

“Anak-anak ini kan termasuk anak yang membutuhkan perlindungan khusus. Jadi, mereka secara pertumbuhan memang harus mendapat dukungan di lingkungannya,” kata Ahmad Subhan, Ketua Sakti Peksos Kemensos RI, Minggu 14 Maret 2021.

Ahmad menyebut, ketiga anak ini sebetulnya tidak mengerti apa yang telah dilakoni oleh orang tuanya. Mereka hanya dibawa saat para orang tuanya melakukan ritual mandi bugil kelompok ajaran Hakekok Balakasuta. “Anak ini enggak tahu apa-apa persoalan aliran ini. Mereka cuma dibawa dan diperlakukan salah, akhirnya ikut keseret,” ujarnya.

“Makanya, pendampingan yang kami lakukan supaya mereka merasa nyaman dan berasa di rumah sendiri. Ketika anak ini dikembalikan kepada keluarga dan lingkungan masyarakat, harapan kami tidak ada lagi stigma yang negatif untuk mereka,” ungkapnya.

Pihaknya pun berharap ada kerjasama dari semua unsur agar ketiga anak ini bisa diterima kembali di lingkungan masyarakat asalnya. Yang terpenting, kata Ahmad, masa depan ketiga anak ini jangan sampai menjadi suram hanya karena salah pemahaman dari orang tuanya.

“Intinya, pendampingan kami nanti enggak sampai di sini saja. Kami akan pantau terus sampai mereka bisa diterima lagi sama lingkungannya. Karena bisa saja pas anak ini dikembalikan ke masyarakat, anak-anak seusianya itu belum bisa menerima terhadap kondisi ini,” pungkasnya. [PIAN]