Beranda Hukum dan Kriminal Diduga Lakukan Ritual Sesat, Belasan Orang Ditangkap Polisi di Cigeulis

Diduga Lakukan Ritual Sesat, Belasan Orang Ditangkap Polisi di Cigeulis

5629

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Enam belas orang yang tediri dari 5 orang perempuan dewasa, 8 orang laki-laki dewasa, dan 3 orang anak-anak diamankan jajaran Satreskrim Polres Pandeglang bersama Polsek Cigeulis di area perkebunan kelapa sawit milik PT Globalindo Agro Lestari (PT GAL), Desa Karang Bolong, Kecamatan Cigeulis, Kabupaten Pandeglang, Kamis 11 Maret 2021.

Belasan orang itu terpaksa diamankan polisi lantaran diduga telah melakukan ritual kepercayaan tertentu yang dilarang. Berdasarkan informasi yang dihimpun, belasan orang itu diamankan ketika sedang melakukan ritual mandi bersama tanpa busana di area penampungan air di wilayah perkebunan itu.

Wakapolres Pandeglang Kompol Riky Crisma Wardana menerangkan, dalam ritual tersebut mereka dipimpin seorang lelaki bernama Arya (52) dengan mengadopsi ajaran hakekok balakasuta. “Sementara masih dalam penyelidikan oleh Satreskrim, kemudian besok kita akan berkoordinasi dengan Bakorpakem (Badan Koodinasi Pengawas Aliran Kepercayaan Masyarakat-red) untuk memutuskan aliran ini aliran sesat atau bukan,” terang Kompol Riky Crisma Wardana Wakapolres Pandeglang di Mapolres Pandeglang.

Kompol Riky mengatakan, saat ini keenam belas orang tersebut masih dalam pemeriksaan Satreskrim Polres Pandegalang. Pihaknya berjanji akan melakukan rapat dengan Bakorpakem dan MUI setempat untuk memastikan apakah aliran itu sesat atau tidak. Selain mengamankan belasan orang tersebut, polisi juga mengamankan pakaian, identitas, hingga barang-barang milik anggota ritual itu.

“Iya sementara masih kita dalami, nantikan ada kajian dari MUI (Majelis Ulama Indonesia-red) bahwa aliran ini, aliran sesat atau bukan,” katanya.

Wakapolres mengimbau, warga setempat untuk tetap tenang dan tidak terpancing oleh isu-isu yang tidak jelas terkait adanya ritual itu. [PIAN]