Beranda Humaniora Percantik Kota, Komunitas Mural Pandeglang Hias Dinding Pasar

Percantik Kota, Komunitas Mural Pandeglang Hias Dinding Pasar

445

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Sejumlah komunitas mural (seniman lukis dinding) dari wilayah Pandeglang dan luar Pandeglang, melakukan kegiatan melukis dinding pasar di Pasar Carita, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Sabtu 27 Februari 2021.

Kagiatan tersebut dilakukan, guna menarik minat wisatawan untuk datang ke kawasan Carita. Selain itu, kegiatan tersebut juga dilakukan untuk meningkatkan produktifitas seniman mural.”

Melihat di Kabupaten Pandeglang sudah terkenal dengan destinasi wisata alamnya, semoga dengan acara ini bisa meningkatkan para wisatawan yang akan berkunjung di Kabupaten Pandeglang khususnya di Pantai Carita,” ujarnya Reza Reynaldi, Ketua Predictive Systems selaku penyelenggara kegiatan tersebut.

Lanjut Reza, pihaknya bakal menjadikan area di sekililing Pasar Carita menjadi destinasi wisata edukatif sekaligus mendukung penataan kota di wilayah Pandeglang khususnya Pasar Carita.

“Mural menjadikan citra positif bagi masyarakat sekitar, menjadikan spot foto untuk wisatawan yang akan berkunjung ke area wisata pantai dan mempercantik akses wisata,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Live Mural Agus Rohman mengatakan, kegiatan yang ditampilkan para seniman meninggalkan banyak nilai positif bagi masyarakat sekitar. Tidak hanya bagi pencinta seni, kegiatan ini juga mendapat respons positif dari pengunjung yang datang. Pihaknya juga membebaskan para seniman untuk berkreasi yang diwujudkan dalam lukisan di dinding. “Untuk para peserta yang tergabung, bebas menentukan isi mural tanpa mengandung unsur pornografi dan tulisan kasar yang dapat menyinggung,” ucap Agus.

Ia berharap, dengan adanya acara senirupa lukisan dinding ini. Khusus di Pandeglang, dapat menjaga solidaritas dan mengangkat eksistensi para seniman. “Harapan kami di acara ini, semoga menjadi agenda tahunan, dan bisa berkelanjutan,” tandas Agus.

Dalam kegiatan tersebut, dinding yang tadinya polos kini berubah menjadi lukisan menarik dari berbagai gambar. []