Beranda Humaniora Ini yang Dirasakan Warga Sumur Saat Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,1

Ini yang Dirasakan Warga Sumur Saat Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,1

734

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Gempa tektonik dengan magnitudo 5.1 mengguncang wilayah Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Jumat 26 Februari 2021 sekitar pukul 02:45 WIB.

Berdasarkan laporan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa ini parameter update dengan magnitudo M=5.0 terletak pada koordinat 6.75 LS dam 105.6 BT dengan kedalaman 60 km. Pusat gempa berada di darat 11 km tenggara Sumur, dan dirasakan Skala MMI) yakni III-IV Pandeglang, II-III Malingping, II-III Carita, II-III Sumur, II-III Munjul, II-III Labuan. Warga Sumur sangat merasakan guncangan yang bersumber dari gempa tersebut.

Utami Salim, warga Kampung Cipining, Desa Tunggal Jaya, Kecamatan Sumur mengaku dirinya dan keluarga sempat panik, karena guncangan gempa cukup dirasakan. “Saya dan keluarga terbangun dari tidur ketika ada gempa ini dan benar-benar panik karena takut. Biasanya gempa memang selalu ada tapi berskala kecil. Tapi ini benar-benar cukup besar,” ujarnya kepada BCO Pandeglang.

Ia juga menuturkan, keluarga dan tetangganya khususnya warga pesisir pantai memilih tetap terjaga lantaran merasa khawatir sesuatu terjadi setelahnya. “Kita dan warga yang lainnya seperti warga pesisir pantai tidak tidur lagi, karena memang cuacanya pada malam tadi anginnya besar dan ombak laut pun lagi besar. Jadinya kita tidak tidur takut terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbuhnya.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa tersebut. Seperti diketahui bahwa hasil pemodelan, gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Menurut informasi, gempa tersebut merupakan tertinggi yang melanda selatan Jawa sepanjang 2020 – 2021.

Dalam setahun terakhir, selatan Jawa umumnya dan Selatan Banten khusus, rata-rata gempa berada di bawah magnitudo 5.0. Guncang terbesar sebelumnya terjadi 29 November 2020 pada pukul 04:07 WIB, yang melanda Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Gempa tersebut berkekuatan magnitudo 4.9, dan terjadi pada kedalaman 21 kilometer pada pusat gempa7.69 LS – 106.44 BT di 78 km Barat Daya Kabupaten Sukabumi, Jabar. Dengan begitu, masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh dengan isue yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. []