Beranda Humaniora Tingkatkan Minat Literasi, IRMA At – Taufiq Bentuk Taman Bacaan Masyarakat

Tingkatkan Minat Literasi, IRMA At – Taufiq Bentuk Taman Bacaan Masyarakat

289
Pengurus IRMA At-Taufiq ketika sedang memberikan santunan kepada anak-anak yatim dalam acara launching taman bacaan masyarakat/Foto: Iin Sobirin

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Pengurus Ikatan Remaja Masjid (IRMA) Jami At- Taufiq, Kampung Sinarbaru, Desa Curug Lemo, Kecamatan Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, berinisiatif membangun Taman Baca Masyarakat (TBM) At- Taufiq serta menyelenggarakan santunan terhadap anak-anak yatim, Minggu 21 Februari 2021.

Sekertaris Umum IRMA  Jami At- Taufiq Windi Maesari mengatakan, hadirnya taman bacaan masyarakat tersebut merupakan program kerja demi meningkatkan minat literasi di lingkungan masjid atau kampung sekitar. “Semoga kehadiran TBM  dapat dimanfaat untuk meningkatkan minat lierasi di daerah kita, selain itu juga semoga kehadiran TBM bisa memberikan kontribusi bagi negri, yaitu bisa mencetak generasi – generasi emas yang berkualitas,” ujar Windi Maesari kepada BCO Media.

Ketua Taman Bacaan Masyarakat ( TBM ) Ahmad Turhani menuturkan, TBM yang dibangun oleh para pengurus IRMA At- Taufiq dapat diisi oleh kegiatan- kegiatan positif setiap pekannya. Kendati begitu, ia juga menekankan kepada para pengurus untuk bisa menyalurkan ilmunya kepada anak-anak  dibawah bimbingan TBM At- Taufiq. “Saya harapkan kepada seluruh pengurus TBM agar dapat menuangkan ide dan  gagasannya untuk kemajuan TBM kita, ini merupakan kesempatan bagi kita semua untuk bisa menuangkan dan mengamalkan ilmu yang kita punya,” kata Turhani.

Sementara di tempat yang sama, Ketua Dewan Kerja Masjid ( DKM ) Jami At Taufiq Ustadz Murodih  menerangkan, pihaknya bangga dengan ide dan tindakan yang dilakukan pengurus remaja masjid yang telah membentuk wadah dengan imbas positif itu. Menurutnya, sistem belajaran daring yang saat ini menjadi kegiatan belajar membuat siswa-siswa sekolah kurang produktif sehingga perlunya interaksi bagaimana memahami pelajaran yang telah lama tidak dilakukan anak-anak sekolah lantaran terhalang pandemi.

“Dengan adanya TBM ini Insya Allah sangat membantu adik-adik dalam memahami mata pelajaran yang sekiranya sudah lupa lagi, ini kesempatan untuk mengingat dan belajar kembali. Selain itu juga kami harapkan, hadirnya TBM ini sebagai sarana untuk melatih kreativitas adik-adik,” terang Ustadz Murodih dalam sambutannya.

Tak hanya itu, Odih menegaskan, bahwa pengurus TBM At Taufiq dalam menjalankan kegiatan harus tetap mematuhi protokol kesehatan sebagai tindakan mengantisipasi paparan Covid-19 yang masih mewabah. []