Beranda Peristiwa Seorang Nenek Diserang Buaya Ketika Mencari Kerang di Tamanjaya Sumur

Seorang Nenek Diserang Buaya Ketika Mencari Kerang di Tamanjaya Sumur

4365
Seorang Nenek diserang buaya saat mencari kerang di Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Kamis 11 Februari 2021.

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Seorang nenek yang diketahui bernama Suniah (51), diserang seekor buaya ketika mencari kerang di Muara Cibenua, Kampung Peundeuy, Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Kamis 11 Februari 2021.

Dikonfirmasi via telepon, Kepala Dusun Taman Jaya Rouf mengatakan, peristiwa penyerangan hewan liar berdarah dingin itu terjadi sekitar pukul 14.00 WIB siang tadi. Bahkan, korban sempat ditarik satwa liar itu ke dalam air sebelum akhirnya dapat diselamatkan.

“Iyah tadi siang jam 14.00 WIB, jadi Ibu Suniah ini sering nyari kerang totok untuk di jual. Ibunya udah tau kalau di situ (Muara Cibenua-red) ada buayanya, tapi enggak pernah nyerang. Mungkin tadi lagi apes aja,” kata Rouf kepada BCO Media.

Rouf menceritakan, saat kejadian korban berteriak meminta pertolongan warga setempat. Beruntung, seorang warga yang masih kerabat korban berada di tempat itu sedang mencari ikan dan berusaha menolong korban yang ditarik buaya ke dasar air. Terjadi perlawanan antar keduanya hingga 20 menit.

“Ditolong sama keponakannya, terjadi tarik menarik antara buaya sama bu Sarnan ini (keluarga korban-red). Ibunya bahkan ditarik ke dalam air hingga kedalaman satu meter lebih. Ada 20 menitan mah itu nolongnya,” terangnya.

Beruntung, korban dapat diselamatkan dan dibawa ke daratan. Akan tetapi, korban menderita luka robek pada bagian kaki kanan akibat serangan hewan ganas tersebut. Mengetahui hal itu, warga setempat berbondong-bondong mengevakuasi korban ke rumahnya sebelum akhirnya dibawa ke Puskesmas Sumur untuk dilakukan perawatan.

“Kakinya sampai paha, lumayan parah. Tadi usai ditolong dibawa ke rumahnya dulu dibersihkan, abis itu dibawa ke puskesmas,” imbuhnya.

Lebih lanjut kata Rouf, buaya di Muara Cibenua tersebut kerap menampakan diri ke daratan, namun selama ini warga tak pernah mengganggunya. Ia juga mengakui, bahwa kejadian serupa pernah terjadi beberapa tahun kebelakang. Dimana korbannya ditemukan meninggal usai diterkam buaya muara itu.

“Sering kalau cuaca panas nampakin diri, dulu juga pernah ada kejadian diserang buaya. Orangnya meninggal,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kawasan Taman Nasional Ujung Kulon yang mencakup wilayah Desa Taman Jaya memang menjadi habitat satwa liar lantaran kondisi alamnya masih terjaga dengan baik. Selain itu, perilaku masyarakat yang tak pernah mengganggu alam juga menjadikan kawasan ini dihuni habitat hewan buas untuk berkembang biak secara alami. []