Beranda Humaniora Puluhan Rumah di Desa Kadu Hejo Kecamatan Pulosari Tak Miliki kWh Listrik

Puluhan Rumah di Desa Kadu Hejo Kecamatan Pulosari Tak Miliki kWh Listrik

1139
Salah satu rumah di Desa Kadu Hejo, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, yang belu memiliki kWH listrik.

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Di zaman teknologi seperti saat ini, masih ada puluhan rumah di Desa Kadu Hejo, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, yang belum memiliki jaringan listrik. Berdasarkan pantauan BCO, sejumlah rumah tak terlihat kilowatt-jam (kWh) yang biasa menempel di dinding depan rumah.

Salah satunya adalah rumah Suhami, warga Kampung Sawah, Desa Kadu Hejo, Kecamatan Pulosari. Menurut Suhami, sejak ia lahir 27 tahun silam di dinding rumahnya belum pernah terpasang kWh. Untuk kebutuhan listrik masih bisa didapat, namun terbatas karena hanya ikut dengan jaringan listrik tetangganya.

“Keluarga kami sejak lahir tidak memiliki kWh. Bapak dan ibu saya sudah lama tinggal di sini. Artinya kami sudah puluhan tahun tidak punya kWh. Sementara ini (kebutuhan listrik-red) kami ikut ke tetangga dengan cara nyolok listrik,” ujar Suhami kepada BCO, Selasa 9 Februari 2021.

Terpisah, Sekretaris Desa (Sekdes) Kadu Hejo, Kecamatan Pulosari Juhdi membenarkan kondisi tersebut. Ia mengaku, pihak desa sudah pernah mengajukan permohonan bantuan listrik desa pada tahun 2016 sebanyak 80 rumah ke Kecamatan Pulosari, namun belum terealisasi.

“Iya. Ada sebanyak 80 rumah (belum punya kWh-red). Kami sudah mengajukan tapi belum ada realisinya. Saya ingat betul, saat itu 2016 saya masih menjadi kepala dusun,” ujar Juhdi.

Juhdi juga berharap, jika ada program listrik masuk desa dari PLN atau pun pemerintah daerah, dapat memprioritaskan untuk rumah warga di desanya. ” Kalau memang bisa, pihak terkait maupun PLN untuk segera turun ke sini. Itu pun jika memang masih ada program listrik masuk desa,” katanya.

Sementara itu saat dikonfirmasi via ponselnya, Camat Pulosari Mimip mengaku belum bisa berkomentar banyak. Namun, ia berjanji untuk turun ke Desa Kadu Hejo, memastikan informasi tersebut. “Saya belum bisa berkomentar banyak. Kita akan turun besok ke Desa Kadu Hejo untuk memastikan info tersebut dan kami juga akan berupaya membantu warga kami,” ujar Mimip yang belum lama menjabat di kecamatan ini. []