Beranda Infrastruktur Mulai Rusak, Jalan Tanjakan Bangangah di Pulosari Rawan Kecelakaan

Mulai Rusak, Jalan Tanjakan Bangangah di Pulosari Rawan Kecelakaan

798
Pengendara motor berhati hati saat melintas di tanjakan Bangangah, di Jalan Mengger-Caringin, Rabu 3 Februari 2021.

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Jalan Mengger-Caringin, yang merupakan kewenangan Pemprov Banten, kondisinya mulai rusak. Kerusakan jalan termasuk di tanjakan Bangangah, salah satu tanjakan curam dan ekstrim yang terletak di Desa Kadu Hileud, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, itu rawan terjadi kecelakaan lalu lintas.

Berdasarkan pantauan BCO di Tanjakan Bangangah, yang juga jalan akses alternatif menuju objek wisata Pantai Carita itu mengalami kerusakan parah di beberapa titik. Aspal terkelupas di beberapa titik, sehingga batu menonjol dan ada di antaranya yang berserakan di tengah jalan.

“Jalan ini adalah jalur yang sering dilalui banyak kendaraan dari Pandeglang menuju objek wisata Pantai Carita atau sebaliknya. Tanjakan Bangangah tinggi dan saat ini terdapat lubang di beberapa titik. Ini tentu saja rentan terjadinya kecelakaan,” kata Nana, warga setempat kepada BCO, Selasa 3 Februari 2021.

Menurut Nana, pemerintah harus segera melakukan perbaikan sebelum banyak jatuh korban kecelakaan. “Apabila jalur ini (Tanjakan Bangangah) rusak, apalagi di tengah-tengah tanjakan, ini dapat menghambat kendaraan dan berisiko tinggi terjadi kecelakaan. Saya selaku warga yang sering menggunakan jalur ini berharap pemerintah agar segera memperbaiki kerusakan jalan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Pandeglang, Asep Rahmat, mengatakan, perbaikan Jalan Mengger-Caringin tersebut menjadi kewenangan Pemprov Banten. Atas laporan warga tersebut, ia mengaku akan akan menyampaikannya kepada Dinas PUPR Provinsi Banten. “Insya Allah kami sampaikan ke Dinas PUPR Provinsi Banten agar segera ditangani,” ujar Asep via ponselnya singkat. []