Beranda Infrastruktur Akses Jalan Alternatif Wisata Leuwi Bumi Rusak Parah, Warga Mandalawangi Khawatir

Akses Jalan Alternatif Wisata Leuwi Bumi Rusak Parah, Warga Mandalawangi Khawatir

666
Akses jalan menuju objek wisata Leuwi Bumi dan Curug Tomo di Kecamatan Mandalawangi, rusak parah, Selasa 2 Februari 2021.

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Jalan kewenangan pemerintah Kabupaten Pandeglang di Desa Panjangjaya, Kecamatan Mandalawangi rusak parah. Jalur alternatif menuju kawasan wisata Leuwi Bumi dan Curugtomo tersebut, hingga kini tak kunjung diperbaiki. Kondisi ini sangat menganggu kenyamanan pengendara.

“Iya jalan di sini rusak parah, pada bolong-bolong. Tambah sekarang lagi musim hujan lubangnya tergenang air,” ujar Sudarto, warga Mandalawangi, Selasa 2 Februari 2021.

Sudarto berharap, pemerintah memberikan perhatian khusus untuk segera melakukan perbaikan. Jika tidak segera diperbaiki, membahayakan para pengendara yang melintas. Terlebih jalur tersebut padat dilalui kendaraan.

Aktivis Keluarga Mahasiswa Mandalawangi (Kemangi) Andi, juga menyesalkan kurangnya perhatian pemerintah terhadap kondisi jalan tersebut. Seharusnya, kata Andi, pemerintah memprioritaskan perbaikan jalan menuju kawasan wisata, demi kenyamanan para pengunjung dan menjadi etalase positif bagi Kabupaten Pandeglang sebagai kota wisata.

“Saya selaku mahasiswa Mandalawangi berharap pemerintah memproitaskan perbaikan jalan Desa Panjangjaya, karena ini sangat penting. Apalagi di jalan tersebut pernah beberapa kali terjadi kecelakaan. Saya juga menyayangkan kiprah wakil rakyat. Padahal di Mandalwangi ada anggota dewan yang membidangi masalah pembangunan. Tapi mengapa jalan ini belum juga dibangun. Sudah lebih dari 10 tahun masih dibiarkan rusak parah,” ujar Andi.

Perangkat Desa Panjangjaya Idris, juga mengatakan hal sama. Ia berharap kepada pemerintah agar segera membangun jalan di desanya, karena jalan itu merupakan akses yang sering dilalui masyarakat dan pengunjung wisata dari luar. “Sudah bertahun-tahun keadaan fisik jalan raya seperti ini (rusak parah-red), mohonlah kepada pemerintah daerah Pandeglang untuk disegerakan pembangunannya,” ujar Idris.

Dihubungi terpisah, Camat Mandalawangi Yamin Bunyamin membenarkan kondisi jalan menuju objek wisata tersebut kondisinya rusak. Ia juga mengaku sudah mengusulkan perbaikan jalan tersebut.

“Jalan Panjangjaya merupakan jalan kabupaten bagian ruas jalan Pari Karoya, terutama mulai jalan Kampung Cisaat (Desa Sinarjaya-red) sampai dengan Karoya (Desa Panjangjaya-red). Terkait dengan hal tersebut, kami telah mengusulkan melalui Musrenbangkec kepada Bappeda dan Dinas PUPR (Kab. Pandeglang). Mudah-mudahan saja tahun ini bisa direalisasikan,” ujar Camat. []