Beranda Pemerintahan 207 Desa di Pandeglang Bakal Gelar Pilkades, DPMPD Bahas Waktu Pelaksanaan

207 Desa di Pandeglang Bakal Gelar Pilkades, DPMPD Bahas Waktu Pelaksanaan

587

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Pelaksanaan Pilkades (Pemilihan Kepala Desa) di Kabupaten Pandeglang, sudah di depan mata. Sebanyak 207 Desa akan menggelar Pilkades secara serentak pada tahun 2021 ini.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DMPD Kabupaten Pandeglang Doni Hermawan menjelaskan, jumlah desa di Kabupaten Pandeglang 326. Hanya 207 desa lah yang nantinya akan mengikuti kontestasi politik tingkat desa.

“Untuk waktu pencoblosan kami belum bisa memutuskan karena masih dalam tahapan pembahasan. Kami akan selesaikan aturannya dulu, yaitu peraturan bupati (perbub) dan setelah selesai, kami akan sosialisasikan ke camat dan desa yang akan digelar pilkades,” ujar Doni kepada BCO, Senin 01 Februari 2021.

Sementara itu untuk pembiayaan perhelatan pesta demokrasi pemilihan kepala desa akan dibebankan pada APBD Kabupaten Pandeglang dan Dana Desa masing masing desa. “Banyak sekali tahapan Pilkades. Maka dari itu kita harus bekerja keras untuk mensukseskannya,” singkatnya.

Cecep Jadis salah satu warga Pandeglang mengaku menyikapi adanya Pilkades dengan gembira. Katanya, pilkades merupakan wujud kedaulatan Rakyat desa
“Adanya pilkades serentak di tahun 2021 ini semoga bisa mengembalikan marwah desa, dan bisa memberikan arah kemajuan yang signifikan untuk desa itu sendiri,” katanya.

Salah satu Mahasiswa Pandeglang Robi Hidayat menilai,  hadirnya pesta demokrasi pilkades merupakan kegembiraan bagi masyarakat desa yang berorientasi pada dari desa, oleh desa dan untuk desa.

“Dengan hadirnya UU Desa No 6 Tahun 2014, desa-desa di pandeglang seharusnya sudah berdaulat, baik itu berdaulat bidang politik, berdaulat bidang ekonomi, sosial dan lain sebagainya. Pemkab Pandeglang tugasnya hanya mengawasi saja tanpa harus ikut campur dalam mengelola dana desa. Biarkan desa berdaulat sendiri dan bisa menggunakan dana desa sesuai dengan kebutuhannya,” kata Robi

Mahasiswa pandeglang juga mengharapkan kepada kepala desa terpilih pada pilkades mendatang, tidak takut terhadap pemkab dan hanya tunduk dan patuh pada aturan – aturan yang sudah berlaku. []