Beranda Organisasi Uji Militansi Kader, GP Ansor Mandalawangi dan Cimanuk Gelar DTD

Uji Militansi Kader, GP Ansor Mandalawangi dan Cimanuk Gelar DTD

393
GP Ansor Mandalawangi dan Cimanuk menggelar Diklat Terpadu Dasar (DTD) gabungan selama tiga hari hingga Minggu 31 Januari 2021. Hal itu untuk menguji militansi dan loyalitas kader.

PANDEGLANG.BCO.CO.ID – Puluhan pemuda Nahdlatul Ulama’ di Kecamatan Cimanuk dan Mandalawngi, Kabupaten Pandeglang dididik dan dilatih untuk peningkatan pemahaman ke-NU-an. Mereka dikarantina selama tiga hari oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor, Kecamatan Mandalawngi dan Cimanuk dalam rangka Diklat Terpadu Dasar (DTD) Gabungan.

Acara yang diikuti sebanyak 94 peserta itu digelar selama tiga hari di Ponpes Taajul Ulum Desa Cimanuk, dan berakhir Minggu, 31 Januari 2021. “Diklat ini dikemas dalam bentuk DTD, yaitu gabungan antara Pelatihan Kader Dasar (PKD) dan Pendidikan dan Pelatihan Dasar (Diklatsar) Banser,” ujar Asep, panitia penyelenggara.

Menurut Asep, kegiatan ini digelar PAC GP Ansor Mandalawngi rutin setiap tahun. Tujuannya, selain untuk meningkatkan kapasitas sumberdaya pemuda NU, juga untuk melatih loyalitas kader muda NU. “Mayoritas pesertanya memang dari ranting-ranting Ansor di Kecamatan Mandalawangi. Tapi ada juga dari luar kecamatan dan juga luar kabupaten,” Asep menjelaskan.

Ketua PAC GP Ansor Mandalawangi, Arief Syamsiar menambahkan, biasanya kegiatan ini dilakukan dua hari. Namun, karena PAC GP Ansor Mandalawangi masuk dalam akreditasi A dalam perkaderan, maka kegiatan diselenggarakan lebih lama. “Petunjuk dari pengurus cabang harus dilakukan tiga hari. Dan Alhamdulillah, kami komitmen melaksanakannya,” katanya.

Dengan diselenggarakannya DTD kali ini, kata Arief, selain untuk meningkatkan militansi kader muda NU, juga untuk meningkatkan wawasan ke NU-an dan wawasan kebangsaan kader.

“Tugas kami meneruskan perjuangan pra kiai memenjaga kedaulatan NKRI, dan di sini kami atas nama PAC GP Ansor Mandalawangi siap meneruskan perjuangan itu,” pungkasnya. []