Beranda Pendidikan Keren! Pemilihan Ketua BEM di STIA Banten Menggunakan Aplikasi SIPO Secara Online

Keren! Pemilihan Ketua BEM di STIA Banten Menggunakan Aplikasi SIPO Secara Online

486
Gedung kampus STIA Banten di Kabupaten Pandeglang. Foto: istimewa

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum Mahasiswa (KPUM) Sekolah tinggi Ilmu Administrasi (STIA) Banten melaksanakan pemilihan ketua dan wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) dan kali iniĀ  secara online dengan menggunakan aplikasi kembali. Sebelumnya, KPUM STIA Banten sukses menyelenggarakan pemilihan ketua dan wakil ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) baik dari Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Negara (HIMANE) maupun Himpunan Mahasiswa Jurusan Administrasi Bisnis (HIMABIS) pada tanggal 6 Januari 2021 lalu.

Ketua KPUM STIA Banten Muhamad Fiqri Haekal menjelaskan, dalam pemilihan ketua dan wakil ketua BEM untuk tahun ini dilaksanakan secara online pada 30 Januari 2021 dengan menggunakan sistem informasi berbasis aplikasi yang bernama SIPO (Sistem Informasi Pemilihan Online) KPUM STIA Banten.

Pelaksanaan pemilihan ketua dan wakil ketua BEM ini ini digelar secara online via aplikasi sebagai bentuk pencegahan penularan COVID-19 di lingkungan kampus.

“Sebagaimana penularan wabah ini yang masih rentan di Provinsi Banten khususnya di Pandeglang. Jadi pemilih dalam menggunakan hak pilihnya cukup #dirumahaja dengan mendownload aplikasi, install, kemudian login dan klik salah paslon yang dipilih. Cukup mudah,” ujar Fiqri, kepada BCO, Minggu 30 Januari 2021.

Untuk mensukseskan pemilihan ini, kata Fiqri, KPUM STIA Banten gencar melakukan sosialisasi demi meningkatkan tingkat partisipasi pemilih, yaitu seluruh mahasiswa STIA Banten. “Salah satunya KPUM STIA Banten mengadakan debat pasangan calon secara tatap muka dan live streaming di google meet pada tanggal 25 Januari 2021 yang sukses terselenggara. Acara ini bertujuan sebagai salah satu kegiatan sosialisasi dari KPUM kepada para paslon untuk menawarkan visi misi dan program kerja unggulannya jika terpilih nanti,” Fiqri menuturkan.

Sementara itu pada pemilihan ketua dan wakil ketua BEM pada periode lalu juga dilaksanakan di kampus melalui local area network (LAN) di halaman kampus. Pemilih menghampiri TPS yg terdapat 3 bilik suara. Tiap bilik suara terdapat laptop sebagai alat untuk pemilihan, karena pada saat itu keadaan masih dalam kondisi normal dibandingkan dengan kondisi sekarang.

“Kegiatan ini pun mendukung era digitalisasi 4.0 yang dimana penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari hari, salah satunya dalam kegiatan pemilihan ini,” kata Fiqri. []