Beranda Humaniora Geger! Ada Macan Kumbang di Tahura Carita

Geger! Ada Macan Kumbang di Tahura Carita

2296

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Seekor macan kumbang (Panthera Pardus Melas) membuat geger warga Desa Sukarame, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang.

Pasalnya, sudah tiga hari terakhir kucing besar itu berkeliaran di sekitar Taman Hutan Raya (Tahura), sekitar Pantai Carita hingga membuat masyarakat setempat heboh dengan kemunculannya tersebut.

Kepala Balai Besar KSDA Wilayah I Serang Andre Ginson mengatakan, macan itu ditemukan warga berkeliaran di sekitar blok Silegar dan objek wisata Curug Putri. Setelah dilakukan penangkapan, diketahui kondisi kucing besar tersebut dalam keadaan sakit.

“Iya info dari warga sih udah 3 hari berkeliaran. Kondisinya ternyata sakit, makanya dia turun, kayaknya mau minta pertolongan,” ujar Andre dikonfirmasi wartawan, Selasa 15 Desember 2020.

Andre mengungkapkan, setelah mendapat informasi tersebut pihaknya langsung melakukan upaya evakuasi dengan menggunakan tali jerat terhadap macan kumbang tersebut. Hal itu dilakukan agar dapat diberikan perawatan kepada macan kumbang yang sakit tersebut untuk kemudian dilepas liarkan kembali di habitat aslinya.

“Kita tangkap dan kita amankan ke kantor Seksi Konservasi Wilayah I Serang untuk kita rawat dulu. Untuk nanti kita lepas liarkan kembali,” ungkapnya.

Salah seorang warga sekitar mengatakan, Tahura Carita merupakan habitat dari macan kumbang. Hal ini dibuktikan dengan seringnya warga yang melihat kucing hitam itu berkeliaran di sekitar perkebun warga yang ada di kawasan ini.

“Memang disitu ada, banyak sih enggak. Tapi sering saya dapat info dari orang yang berkebun sering lihat. Entah melintas atau gimana, bulan lalu juga orang kebun ada yang lihat, sama anakannya malah,” kata Rohman.

Diakuinya, ia tidak merasa takut terhadap keberadaan salah satu hewan buas yang berada di sekitar tempat tinggalnya. Kata Rohman, selama ini ia tidak pernah mendengar ada kasus penyerangan macan kumbang terhadap manusia. Bahkan mendengar seekor macan kumbang masuk pun belum pernah terjadi bagi penduduk yang bermukim di sekitar Tahura Carita.

“Tiap hari saya masuk ke Tahura, untuk hunting foto. Saya sih enggak merasa takut, karena belum ada sejarahnya disini kalau macan nyerang manusia. Sampe masuk pemukiman sih belum pernah denger sama sekali,” jelasnya.

Untuk itu, ia pun berharap jika kondisi Tahura Carita bisa tetap terjaga. Agar tidak terjadi masuknya satwa liar yang berada di kawasan Tahura Carita masuk ke pemukiman penduduk.

“Saya sih yakin aman, selama habitat aslinya ga dirusak,” pungkasnya. []