Beranda Cuaca Di Kecamatan Sukaresmi, Banjir Rendam Ribuan Rumah di 7 Desa

Di Kecamatan Sukaresmi, Banjir Rendam Ribuan Rumah di 7 Desa

787
Banjir di Kecamatan Sukaresmi, merendam sekolah dan rumah warga, Senin 7 Desember 2020.
Banjir di Kecamatan Sukaresmi, merendam sekolah dan rumah warga, Senin 7 Desember 2020.

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Ketua Kampung Tanggap Bencana Desa Cibungur Saefullah, menuturkan bahwa berdasarkan data yang ia himpun bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten, terdapat tujuh desa di Sukaresmi yang permukimannya terendam banjir. Dikatakan, banjir terjadi akibat curah hujan tinggi yang dimulai pada Sabtu dinihari hingga Senin 7 Desember 2020, sekira pukul 18.00 WIB.

“Sejumlah kecamatan di Pandeglang terkena banjir. Data yang kami himpun di Kecamatan Sukaresmi saja, banjir merendam tujuh desa, yaitu Desa Cibungur, Desa Sidamukti, Desa Kubangkampil, Desa Sukaresmi, Desa Pasirkadu, Desa Perdana, dan Desa Karyasari. Itu data yang dapat kami himpun,” ujar Saefullah, kepada BCO Pandeglang, Senin malam, 7 Desember 2020.

Dijelaskan Saefullah, tidak ada korban jiwa namun berdampak terhadap ribuan jiwa yangt rumahnya terendam banjir. “Menurut data, banjir ini berdampak terhadap 2.565 kepala keluarga (kk) dengan 5.130 jiwa di Desa Cibungur, sebanyak 1.100 Kk dengan 200 jiwa mengungsi di masjid dan posko,” kata Saefullah.

Kemudian data di Desa Kubangkampil terdapat 500 KK yang bertahan di rumah masing-masing. Di Desa Sidamukti yang terdampak banjir terdapat 468 kk dengan 100 Jiwa di antaranya mengungsi di kantor desa dan 145 kk bertahan di rumah masing masing. Di Desa karyasari ada 255 kk, sebagian mengungsi ke masjid.

“Di Desa Pasirkadu ada 359 kk yang terdampak, Desa Perdana 185 kk, Desa Sukaresmi 198 kk bertahan di rumah. Kami bersama Baznas Banten melakukan evakuasi warga ke tempat lebih tinggi dan berkoordinasi dengan BPBD pandeglang, aparatur desa, dan relawan setempat,” Saefullah seraya menuturkan sejumlah sekolah juga terendam. []