Beranda Cuaca Banjir Rendam Ratusan Rumah di Perdana, Warga Diungsikan ke Gedung Sekolah

Banjir Rendam Ratusan Rumah di Perdana, Warga Diungsikan ke Gedung Sekolah

984
Akibat banjir, warga Desa Perdana, Kecamatan Sukaresmi, diungsikan ke Gedung SMPN 1 Sukaresmi, Senin malam, 7 Desember 2020.

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Hujan deras yang terjadi beberapa hari ini membuat sejumlah wilayah kecamatan di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, terendam banjir.

Di Kecamatan Sukaresmi, banjir terjadi di beberapa titik. berdasarkan informasi yang dihimpun di Desa Perdana, Kecamatan Sukaresmi, banjir menggenangi ratusan rumah di permukiman warga dan merendam ratusan hektar persawahan.

Banjir dengan ketinggian bervariasi itu juga menutupi jalan utama di Perdana yang menghubungkan Kecamatan Panimbang ke Kecamatan Munjul. Akibatnya arus lalu lintas terhambat.

Warga setempat, Darjo menuturkan, banjir yang terjadi di Perdana rutin terjadi setiap tahun setelah hujan deras dan debit air tinggi yang membuat Sungai ciliman tidak mampu menampung air dari tingginya curah hujan.

“Sungai Ciliman sudah tak sanggup menampung Air hujan. Akibatnya, tumpah ke permukiman penduduk dan areal persawahan. Kondisi ini sudah terjadi setiap tahun dan belum ada solusi konkret dari pemerintah,” ujar Darjo, kepada BCO Pandeglang, Senin 7 Desember 2020.

Senada dikatakan Wahyu Suparman, warga Kampung Kubu, Desa Perdana, Kecamatan Sukaresmi, menuturkan, banjir sebagai dampak dari luapan Sungai ciliman ini mengakibatkan banyak rumah warga yang terendam.

“Rumah warga banyak yang terendam. Di Kampung Kubu saja sekitar 15 sampai lebih dari 20 rumah warga yang terendam, belum lagi di Kampung Babakan, dan kampung lainnya. Kayanya untuk di Desa Perdana hampir semua Kampung bahkan Wilayah RT terendam,” ujar Wahyu

Warga korban banjir, kata Wahyu, terpaksa harus dievakuas diungsikan di Gedung SMPN 1 Sukaresmi. “Hampir 50 Jiwa warga yang mengungsi, sama sekali belum menerima bantuan apapun, baik dari pihak donatur maupun pemerintah,” ujar Wahyu. []