Beranda Humaniora Jaga Kawasan Taman Nasional, Petugas Kesehatan Ajarkan Penyemprotan Desinfektan

Jaga Kawasan Taman Nasional, Petugas Kesehatan Ajarkan Penyemprotan Desinfektan

106
Proses penyemprotan desinfektan di Pulau Peucang Taman Nasional Ujung Kulon, Jumat 4 Desember 2020.

PANDEGLANG, BCO.CO.ID – Demi menjaga keamanan dan kesehatan pengunjung dari paparan Covid-19 di objek wisata Kawasan Taman Nasional Ujung Kulon, sejumlah petugas kesehatan dari Puskesmas Sumur yang didampingi Anggota Polsek Sumur, melakukan edukasi serta penyemprotan cairan sterilisasi di wilayah tersebut.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kawasan tersebut steril dari segala bentuk virus yang menempel dari tempat-tempat kunjungan wisatawan.

Dikonfirmasi via telepon, Wawan Ahri Sumantri, petugas kesehatan di Puskesmas Sumur ini mengatakan, penyemprotan itu dilakukan di dua Pulau. Yakni, Pulau Handeuleum dan Pulau Peucang.

“Kalau untuk penyemprotan setiap hari dilakukan oleh petugas TNUK yang sudah dibimbing oleh pihak kesehatan dari Puskesmas Sumur. Sehari sekali, setiap ada wisatawan sebelum atau sesudah kita semprot,” kata Ahri terkonfirmasi, Sabtu 05 Desember 2020.

Diakuinya, cairan desinfektan telah disediakan pihak TNUK untuk membunuh bakteri atau virus di wilayah ini yang disemprotkan pada bagian-bagian yang dapat dijangkau. Seperti gagang pintu, tempat duduk, dan lain sebagainya. Selain itu, kata Ahri, pihak kawasan mewajibkan wisatawan untuk menunjukan surat bebas Covid-19 sebagai upaya antisipasi sebelum berlibur.

“Nah itu yant kita tekankan lagi. Bahwa wisatawan yang berkunjung ke pulau daerah Ujung Kulon harus ada hasil rapid test atau swab test,” jelasnya.

Selain melakukan upaya preventif, petugas juga telah memasang bilik desinfektan yang wajib digunakan ketika wisatawan memasuki wilayah ini. []